Ragam

Published on June 28th, 2018 | by Kompas Klasika

Pertimbangkan Lima Hal ini Saat Memotret Hitam Putih

Selain dramatis, foto hitam putih seringkali mampu memunculkan karakter dan kesan yang lebih mendalam dari obyek. Oleh karenanya mudah dimaklumi, meski kamera masa kini mampu menghasilkan foto dengan warna yang lebih kaya, fotografi hitam putih masih bertahan dan diminati banyak orang.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mendapatkan hasil foto hitam putih yang lebih optimal, beberapa hal berikut bisa jadi acuan.

1. “Melihat” obyek secara hitam putih

Sebelum memotret, coba bayangkan obyek yang akan dibidik dalam warna hitam putih, karena kesan yang muncul dalam foto warna sangat mungkin akan berbeda ketika diubah dalam hitam-putih. Cermati bentuk, garis, hingga dimensi obyek maupun hal lain di sekelilingnya untuk bisa mendapatkan komposisi atau sudut pengambilan yang apik.

2. Memotret dalam mode warna.

Sebuah kamera digital mampu merekam gambar dalam beberapa mode, entah itu berwarna, hitam putih, dan sephia. Nah, saat hendak membuat foto hitam putih, dianjurkan untuk memotret dalam mode warna, sedangkan pengubahan ke hitam – putih dilakukan di komputer. Hal tersebut dimaksudkan antara lain agar Anda bisa memiliki dua file sekaligus, yang versi berwarna dan hitam putih.

3. Menggunakan ISO.

Bagi Anda yang ingin meminimalkan noise, gunakan ISO rendah saat memotret. Sebaliknya bagi yang ingin berkreasi dan merasa fotonya lebih nyeni dengan noise, gunakan ISO tinggi untuk mendapatkannya.

4. Kontras

Soal kekontrasan antara hitam dan putih atau terang dan gelap, amat tergantung pada selera masing-masing. Foto yang terlampau kontras belum tentu bisa memenuhi selera orang yang melihatnya, pun sebaliknya. Melihat beberapa contoh foto sebelum memotret bisa dijadikan acuan untuk bisa mendapatkan foto yang benar-benar sesuai dengan keinginan hati.

5. Pencahayaan samping / side lighting

Untuk mendapat pencahayaan yang baik, upayakan agar bisa mendapatkan pencahayaan samping (side lighting). Langkah ini dimaksudkan antara lain agar bisa mendapatkan bayangan yang apik dari obyek. Cahaya semacam ini bisa didapatkan pada pagi atau sore hari. [ASP]

Foto : Shutterstock.com

Pertimbangkan Lima Hal ini Saat Memotret Hitam Putih Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 3.9 (1 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑