Ragam ilustrasi memasak dengan microwave

Published on July 2nd, 2018 | by Dimitri

Perhatikan Hal Ini Saat Memasak dengan Microwave

Selain memengaruhi kelezatan hidangan, cara mengolah bahan makanan berperan terhadap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Di sinilah dibutuhkan kecermatan saat menentukan cara memasak makanan.

Memasak dengan microwave disebut-sebut sebagai cara memasak yang lebih baik dibandingkan dengan menggoreng. Mengolah makanan dengan cara digoreng memang lezat, tetapi dapat meningkatkan kadar kolesterol dan lemak akibat penggunaan minyak yang tidak tepat. Beda dengan menggunakan microwave, yang tidak membutuhkan minyak goreng.

Tak dimungkiri, memasak makanan menggunakan microwave lebih sulit jika dibandingkan dengan menggoreng. Namun, langkah ini akan terbayar melalui hasil yang didapat.

Memasak bahan makanan menggunakan microwave dapat mematangkan bahan makanan dengan cepat. Hampir semua jenis makanan dapat diolah dengan cara ini. Selain itu, teknik ini menjadi salah satu cara memasak yang sehat karena dapat membantu menekan tingkat kolesterol.

Agar memasak dengan cara memanggang dapat menghasilkan hidangan lezat dan sehat, ada beberapa hal yang patut diperhatikan.

1. Atur letak makanan sesuai bentuknya.

Makanan yang lebih tebal diletakkan pada bagian terluar wadah. Namun, bila bahan makanan yang dimasukkan dalam alat pemanggang memiliki ketebalan rata, letakkan melingkar di atas wadah dengan tetap membiarkan bagian tengah kosong.

2. Putar wadah atau balik makanan

Untuk beberapa jenis makanan, perlu dilakukan perputaran wadah atau membalik bahan makanan. Ini dilakukan agar tingkat kematangan di setiap bagian menjadi rata, misalnya saat memanggang daging atau telur.

3. Perhatikan ukuran wadah

Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran wadah makanan. Bahan makanan yang mengandung susu cair, sereal, dan selai akan mengembang lebih besar bila dimasak dengan teknik seperti ini. Untuk itu, gunakan wadah yang lebih besar agar bahan makanan itu tidak meluap keluar dan merusak alat.

4. Hindari wadah besi

Hindari menggunakan wadah berbahan besi karena sifat gelombang mikro yang tidak dapat menembus logam. Saat memanggang bahan makanan berupa daging, hendaknya lapisi dengan aluminium foil. Ini untuk mencegah terbakarnya bagian daging yang berlemak.

5. Lubangi wadah untuk beberapa jenis makanan

Sedangkan jika ingin memasak telur, sayur, atau hati sapi, hendaknya wadah dilubangi terlebih dahulu. Perhitungkan pula lamanya proses pemanggangan agar makanan matang optimal dan memiliki kelezatan istimewa. [*/BYU]

 

Perhatikan Hal Ini Saat Memasak dengan Microwave Dimitri

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , ,


About the Author

Desainer, pengembang, dan administrator web di bagian Produksi divisi Iklan Harian Kompas.



Back to Top ↑