Kilau Ramadhan mobil ditinggal mudik

Published on June 14th, 2018 | by Kompas Klasika

Perhatikan 4 Hal Ini Jika Mobil Ditinggal Mudik

Banyak cara menuju kampung halaman. Beberapa orang memilih pergi dengan kendaraan pribadi, sedangkan pemudik lain lebih memilih moda transportasi publik. Menghindari bahaya kantuk saat berkendara menjadi salah satu alasan mereka yang memutuskan untuk mengistirahatkan kendaraan pribadi selama mudik.

Kenyamanan dan keamanan mudik memang menjadi hal utama. Akan tetapi, jangan abaikan kenyamanan kendaraan saat ditinggal lama. Apabila mendapatkan perlakuan yang keliru, kondisi mobil menjadi tak terawat dan kinerja mesin menurun. Bahkan, mesin mobil bisa saja tidak dapat dinyalakan kembali. Oleh karena itu, perhatikan hal berikut ini agar kondisi mobil tetap terjaga.

Rem

Langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah mencuci bagian mobil secara keseluruhan. Kemudian, bebaskan posisi rem tangan saat mobil ditempatkan pada permukaan yang datar. Membiarkan rem tangan masuk dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan minyak melekat dengan piringan rem, terutama bagi kendaraan yang memiliki tromol pada bagian roda belakang.

Wiper

Pastikan wiper tidak bersentuhan dengan kaca mobil dalam waktu lama karena karet wiper perlahan-lahan mengeras dan tidak lentur lagi. Karet tersebut akan terasa kasar saat digerakkan untuk membersihkan kaca depan. Maka dari itu, ganjal wiper dengan busa atau kayu.

Ban

Kondisikan keempat ban tidak menempel lantai dengan memanfaatkan dongkrak dan stand-jack. Fungsinya, suspensi mobil bisa terus terjaga dan tidak terbebani berat kendaraan. Bila garasi mobil memiliki permukaan yang miring, Anda dapat mengganjal keempat ban dengan balok. Langkah ini berguna agar posisi mobil tidak berubah.

Pengharum

Jangan lupa untuk meletakkan pengharum mobil untuk menetralkan bau tak sedap yang timbul karena lembabnya bagian dalam kendaraan. Manfaatkanlah cover khusus untuk melindungi bodi mobil dan mencegah masuknya debu atau air hujan.

Anda yang memiliki asisten rumah tangga yang tepercaya dan bertanggung jawab menjadi keuntungan tersendiri. Serahkanlah kunci mobil kepadanya sehingga mesin mobil tetap bisa dipanaskan secara rutin. Namun, jangan tinggalkan kunci sembarangan jika Anda meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dan mobil berada di tempat terbuka. Lepaskanlah aki bila mobil ditinggal lebih dari dua minggu tanpa ada yang menjaga. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan aki. [*/GPW]

Foto : Shutterstock.com

Perhatikan 4 Hal Ini Jika Mobil Ditinggal Mudik Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑