Otomotif

Published on February 28th, 2017 | by Kompas Klasika

Penyebab Arus Listrik Tidak Stabil

Seiring usia dan intensitas pemakaian, kondisi mobil tentu akan mulai menurun. Gangguan tersebut bisa juga terjadi pada sistem kelistrikan. Salah satu tanda yang muncul ketika sistem kelistrikan mobil mengalami gangguan adalah ketika intensitas cahaya tidak konstan atau seolah berkedip. Ketika hal tersebut muncul, berikut ini beberapa bagian yang patut diperiksa.

Alternator

Alternator menjadi bagian yang umumnya akan diperiksa terlebih dahulu. Berfungsi untuk menghasilkan energi listrik, bagian ini boleh dibilang tidak membutuhkan perawatan rutin. Namun, hal ini bukan berarti pemilik bisa mengesampingkan perhatian dan perawatan untuk menjamin pasokan listrik yang cukup.

Aki

Pada umumnya, aki memiliki batas usia sekitar 2 tahun, tergantung pemakaian dan tipenya. Untuk itu, jika Anda merasa aki sudah berusia lebih dari dua tahun, ada baiknya segera diganti dengan yang baru. Jika kurang paham, tak ada salahnya Anda bertanya pada mekanik tentang kondisi aki apakah masih layak pakai atau tidak. Cermati pula klem positif-negatif, apakah terpasang dengan baik dan cukup kencang. Hal ini memang seolah sederhana, tetapi patut diingat bahwa alternator pun akan sulit menjaga arus listrik tetap stabil jika tidak didukung oleh kondisi aki yang baik.

Kabel

Perhatikan kabel-kabel karena mungkin saja sudah getas karena dimakan usia sehingga kemampuannya mengalirkan arus jadi berkurang. Selain itu, arus listrik yang tidak stabil bisa saja disebabkan kabel yang kurang kencang. [ASP]

Penyebab Arus Listrik Tidak Stabil Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑