Klasiloka Fasilitas ibadah yang memadai akan membuat pengunjung mal merasa nyaman.

Published on June 13th, 2018 | by Kompas Klasika

Mal dengan Fasilitas Tempat Ibadah yang Nyaman

Selain menyediakan berbagai hiburan, mal memberikan berbagai kenyamanan fasilitas umum kepada pengunjung. Salah satunya kenyamanan tempat beribadah seperti masjid atau mushala. Berikut ini beberapa mal yang menyediakan tempat ibadah yang nyaman untuk pengunjung.

“Masjid yang baik tidak hanya tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat aktivitas umat.” Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung)

1. Masjid Al-Hidayah

Meski menyatu dengan area parkir, masjid yang berada di lantai 4 Gandaria City ini tetap memikat. Ornamen kaligrafi bertuliskan hadis yang terpampang di bagian saf terdepan menambah keindahan masjid. Area masjid yang luas cukup memadai untuk menampung banyak jemaah, terutama shalat Jumat.

Masjid ini juga memiliki perpustakaan yang bisa digunakan pengunjung untuk memperdalam ilmu agama selagi menunggu waktu shalat. Untuk menjaga kebersihan, toilet berada di area yang berbeda dengan masjid.

Alamat :
Gandaria City Lantai 4, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Jam Buka :
Pukul 10.00 – 22.00 WIB

Fasilitas :
AC, tempat penitipan alas kaki, tempat peminjaman perlengkapan shalat, toilet.

Lokasi :

 

2. Masjid ALatief 

Kesan indah dan sedap dipandang mata segera terasa ketika melihat masjid ini. Ornamen kaligrafi yang berisi nukilan ayat-ayat Al Quran terpampang di dinding barisan samping kanan dan terdepan.

Tulisan kaligrafi turut menghiasi atap dengan tambahan lampu gantung yang menjadi aksen manis bangunan masjid yang berada di lantai 5 ini. Sentuhan nuansa merah semakin menambah impresi mewah dan megah masjid yang bisa digunakan untuk mengakomodasi banyak jemaah shalat Jumat.

Alamat :
Pasaraya Blok M Lantai 5, Jalan Sultan Iskandarsyah 2 Nomor 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam buka :
Zuhur :
Pukul 11.30–13.30 WIB

Ashar :
Pukul 14.30–16.30 WIB

Maghrib dan Isya :

Pukul 17.30–20.00 WIB

Fasilitas :
AC, tempat penitipan alas kaki, tempat peminjaman perlengkapan shalat, toilet.

Lokasi :

 

3. Masjid Nurul Iman

Tidak sulit mencari lokasi Masjid Nurul Iman karena berada di lantai 7 atau atap Blok M Square. Dengan luas 3.000 meter persegi, masjid luas dan megah ini mampu menampung hingga 6.000 jemaah. Selain kajian agama rutin, masjid ini dilengkapi fasilitas untuk simulasi manasik haji atau umrah.

Lokasi manasik haji berada di pelataran Masjid Nurul Iman. Selain miniatur Kakbah, tempat manasik haji Masjid Nurul Iman dilengkapi miniatur tempat tawaf, sai, lempar jamrah, maqom Ibrahim (telapak kaki Nabi Ibrahim), Hijr Ismail, dan Hajar Aswad.

Alamat :
Blok M Square Lantai 7, Jalan Melawai V, Kebayoran, Jakarta Selatan

Fasilitas :
AC, tempat penitipan alas kaki, tempat peminjaman perlengkapan shalat, toilet.

Lokasi :

 

4. Mushala Grand Indonesia

Jika sedang berbelanja di Grand Indonesia, Anda tak perlu khawatir ketika waktu shalat tiba. Maklum, mal ini memiliki total 5 mushala. Di West Mall, mushalla bisa ditemui di lantai 6 dan LG. Sementara itu, di East Mall, mushala tersedia di lantai 3, 1, dan basement. Di mushalla lantai LG West Mall terdapat beberapa kursi panjang untuk tempat menunggu maupun lepas dan pakai sepatu.

Tersedia petugas pria dan perempuan yang akan membantu jemaah menitip barang maupun sepatu. Di bagian dalam mushala, pengunjung akan dimanjakan ruangan yang besar dengan karpet nyaman. Shalat bagian pria dan perempuan dipisahkan oleh pembatas. Ada juga rak buku berisi Al Quran.

Alamat :
Grand Indonesia
Jalan MH Thamrin Nomor 1, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Jam Buka :
Pukul 11.00–20.00 WIB

Fasilitas :
AC, tempat penitipan alas kaki, tempat peminjaman perlengkapan shalat, toilet.

Lokasi :

 

5. Mushala Mal Kuningan City

Tersedia dua mushala di Mal Kuningan City, yaitu di lantai 1 dan lantai 3. Sebagai catatan, mushala di lantai 3 memiliki tempat shalat yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Begitu pula tempat wudunya. Ketika masuk mushala, pengunjung akan melewati deretan kaca cantik. Setelah masuk, tersedia beberapa tempat wudu.

Interior yang disajikan cukup simpel dengan dominasi warna putih dan cokelat. Terdapat rak buku yang berisi beberapa Al Quran. Sayang, baik di lantai 1 maupun 3 tidak bisa dilaksanakan shalat Jumat. Namun, pihak mal menyediakan fasilitas tersebut di parkiran P2.

Alamat :
Kuningan City Mall
Jalan Prof DR Satrio Kav 18, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan

Jam buka :
Pukul 11.00–21.00 WIB

Fasilitas :
AC, tempat penitipan alas kaki, tempat peminjaman perlengkapan shalat,

Lokasi :

 

6. Mushala Lippo Mall Puri

Wangi, itulah kesan pertama ketika memasuki mushala yang terletak di lantai 2F Lippo Mall Puri ini. Di resepsionis mushala, Anda bisa meminjam sarung atau mukena. Untuk penyimpanan, disediakan rak sepatu dan loker. Tempat wudu beralaskan kayu agar tidak licin sekaligus memberi kesan mewah.

Masuk ke dalam mushala, Anda akan dimanjakan dengan penyejuk ruangan (AC) yang dingin dan pengharum ruangan di setiap sudut serta sajadah yang tebal dan hangat. Bagi yang ingin bertadarus, disediakan beberapa mushaf Al Quran terjemahan. Sayangnya, toilet tidak tersedia di bagian dalam mushala ini.

Alamat :
Lippo Mall Puri, Lantai 2F Jalan Puri Indah Raya Blok U1, Puri Indah CBD, Jakarta Barat.

Jam buka :
Pukul 10.00–22.00 WIB (setiap hari)

Fasilitas :
AC, tempat penitipan alas kaki, tempat peminjaman perlengkapan shalat

Lokasi :

 

7. Masjid BaiturRahman

Plaza Indonesia memiliki empat mushala. Namun, jika ingin ibadah yang lebih nyaman, pengunjung bisa datang ke tempat ibadah di lantai P2. Tempat ibadah yang berlokasi dekat tempat parkir ini diberi nama Masjid Baiturrahman. Karena tempatnya luas, pengunjung bisa melaksanakan shalat Jumat di sini.

Tersedia juga beberapa loker sebagai tempat penitipan alas kaki maupun barang. Namun, tidak ada petugas sehingga Anda harus memegang kunci loker tersebut saat menitip barang. Demi keamanan, tempat ibadah ini dipasang beberapa CCTV. Tersedia juga fasilitas toilet di bagian samping.

Alamat :
Plaza Indonesia Jalan MH Thamrin Nomor 28–30, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat

Jam buka :
Pukul 11.00–19.00 WIB

Lokasi :

 

8. Masjid Al Ikhlas

Kota Kasablanka cukup serius memberikan kenyamanan beribadah kepada pengunjung. Hal ini bisa dilihat di tempat ibadah yang diberi nama Masjid Al Ikhlas. Kesan pertama saat masuk ke masjid ini adalah nyaman. Di area masuk, terpampang tulisan Masjid Al Ikhlas yang besar. Terdapat dua orang petugas yang akan membantu Anda menitip alas kaki.

Menariknya, di sini terdapat perpustakaan khusus berikut petugasnya. Di bagian dalam, hamparan karpet hijau yang nyaman dengan ruangan luas akan menyambut Anda. Tersedia juga kayu pembatas (sutrah). Di bagian luar tersedia air minum khusus bagi pengunjung.

Alamat :
Kota Kasablanka, Jalan Casablanca Kav 88, RT 016/RW 005, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan

Jam buka :
Pukul 10.00–20.00 WIB

Fasilitas :
AC, tempat penitipan alas kaki, tempat peminjaman perlengkapan shalat, toilet.

Lokasi :

 

Foto-foto : Iklan Kompas/ Egbert Siagian, Asep Sujana, Ino Julianto, Dimitri Herlambang.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 Juli 2017.

Mal dengan Fasilitas Tempat Ibadah yang Nyaman Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags:


About the Author



Back to Top ↑