Artikel the upstairs

Published on December 21st, 2018 | by Benedictus Yurivito

0

Merayakan Usia ke-17, The Upstairs Rilis Semburat Silang Warna

Energi The Upstairs belum habis. Band beraliran new wave/synth rock ini masih gesit naik-turun panggung. Band yang bisa disebut sebagai legenda musik Indonesia ini semakin meruang angkasa. Berkali-kali, mereka memperkenalkan single terbarunya saat naik panggung. Antusias. Itulah reaksi penonton.

Pada 27 September 2018, The Upstairs secara resmi melepas single terbarunya, “Semburat Silang Warna” bersama dengan 4 track lawas dalam 1 cakram digital. Ke-4 lagu itu pernah disebar gratis di dunia maya dan sebagian sempat tercantum dalam sebuah kompilasi. Semuanya disajikan dalam versi remaster. Rilisan ini dilakukan di bawah label Langen Srawa Records.

“Semburat Silang Warna” mulai direkam pertengahan tahun lalu. Proses produksinya diproduseri sendiri. Band lawas kenamaan ini diperkuat oleh Jimi Multhazam (vokal), Kubil Idris (Gitar), John Fisma (bass, synth, electro sequencer), dan Ryan Adhi (drum). Formasi ini merupakan yang paling atraktif sepnajang perjalanan band ini. John Fisma sendiri menangani langsung proses mixing dan penciptaan lagunya, sedangkan mastering dilakukan oleh enjiner kawakan Koe Hok Laij. Single ini menjadi obat rindu bagi penggemar setelah kelahiran Katalika (2012).

“Semburat Silang Warna” merupakan interpretasi imajinasi anak kecil ketika menggambarkan sesuatu di atas kertas ke dalam bahasa orang dewasa. Imajinasi itu terkadang tak terjangkau oleh bahasa dewasa. Hasilnya, bahasa puisi multitafsir keluar menjadi lirik. Ini hal tidak lazim dilakukan oleh Jimi.

Dalam penggarapan video, The Upstairs menggandeng duo videografer muda, Toma dan Kako. Mereka menerjemahkan karakter permainan yang memberontak terhadap kemauan kreator dan pemainnya, hingga berubah menjadi sebuah band bernama The Upstairs. Ide cerita yang menarik dan tidak dikira oleh The Upstairs sendiri.

Album ini sudah bisa dibeli. Informasinya bisa ditengok di akun Instagram Langen Srawa Records. Album ini disebar hingga ke luar Pulau Jawa, seperti Sulawesi, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara Barat. Bahkan, Malaysia, Singapura, dan Thailand juga mendapatkan distribusinya.

Rilisan baru ini juga menjadi bukti konsistensi The Upstairs sekaligus merespons zaman. Rilisan baru ini juga menjadi persembahan spesial menjelang perayaan 17 tahun The Upstairs. [*/VTO]

Foto dok The Upstairs.

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑