Ragam kain sutra

Published on November 15th, 2018 | by Kompas Klasika

0

Punya Kain Sutra? Ini Cara Mudah Menjaga Kehalusannya

Kain sutra dikenal kain yang halus. Namun, jika tidak berhati-hati memperlakukannya, pakaian yang berbahan kain yang halus dan tampak mewah ini bisa rusak. Kesalahan paling banyak dalam menangani kain sutra adalah saat pencucian dan penjemuran. Oleh karena itu, lebih baik ketahui cara perawatan kain sutra sebelum membeli dan menyimpannya.

Pencucian kain sutra terbaik adalah dengan tangan. Agar tidak mudah rusak, hindari menggosok atau mengucek kain sutra terlalu keras. Cucilah kain halus ini dengan lembut dan hati-hati. Pencucian dengan tangan juga akan membuat kain sutra tidak mudah kusut.

Apabila terdapat noda membandel, jangan disikat dengan keras. Sebaliknya, letakkan sejumlah deterjen pada noda membandel, lalu gosok, rendam, lalu gosok kembali. Setelah itu, baru dibilas. Cara ini akan mempermudah penghilangan noda membandel.

Pemakaian deterjen juga bisa memengaruhi kondisi kain sutra. Oleh karena itu, pilihlah deterjen khusus yang digunakan untuk mencuci kain sutra. Anda bisa membelinya di sejumlah pusat perbelanjaan. Merek deterjen tertentu untuk mencuci kain sutra biasanya juga cocok digunakan untuk mencuci kain batik.

Pembilasan kain sutra saat dicuci paling baik menggunakan air dingin. Bilaslah kain sutra hingga sabun cuci atau deterjen benar-benar hilang. Jika sabun cuci masih menempel, tuangkan sedikit cuka pada bilasan terakhir. Cara ini akan membantu menghilangkan deterjen.

Hindari memeras keras-keras kain sutra. Untuk menghilangkan kandungan air di dalamnya, tutuplah kain sutra yang telah dicuci dengan handuk bersih. Tekan-tekan agar kandungan air di dalamnya keluar dan menyerap pada handuk. Lakukan beberapa kali hingga kandungan air dalam kain sutra berkurang. Barulah setelah itu, kain sutra siap dijemur.

Pilih lokasi menjemur yang teduh. Sinar matahari yang terlalu terik bisa merusak keindahan kain sutra. Hindari pula pengeringan kain sutra dengan mesin pengering. Pengeringan kain sutra terbaik dengan cara diangin-anginkan.

Masalahnya, kain sutra kerap menggulung pada bagian ujung. Hal ini bisa ditangani saat menyeterika. Seterikalah kain pada suhu rendah. Jangan lupa, lapisilah kain agar seterika tidak langsung bersentuhan dengan kain sutra. Berikan tekanan pada bagian yang menggulung agar kembali lurus. Simpanlah kain sutra tersendiri. Gunakan gantungan baju bila diperlukan. [*/MIL]


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑