Ragam dekorasi pesta

Published on April 27th, 2018 | by Kompas Klasika

Mengintip Peluang Usaha Bisnis Jasa Dekorasi Pesta

Banyak orangtua tentu ingin perayaan ulang tahun pertama si kecil lebih istimewa. Mengundang teman-teman tentu akan meramaikan acara. Apalagi bila ditambah dengan dekorasi yang atraktif, bisa dibayangkan keramaian tawa anak-anak akan menghadirkan keceriaan pesta.

Dari kebutuhan pesta untuk anak, lahirlah jasa pelayanan dekorasi untuk pesta (party planner). Salah satunya, Fingersnaps.

“Asal nama fingersnaps itu seperti arti kata aslinya, yaitu menjentikkan jari. Kalau kita menjentikkan jari, artinya oke, bisa, atau ada ide.

Seperti itulah Fingersnaps, kami ingin bisa melayani permintaan dekorasi pesta dari klien,” terang Faryanti Silondae (34), salah satu pencetus Fingersnaps, yang berfokus pada perencanaan konsep pesta.

Bermula pada penyelenggaraan pesta anak di Kemang tahun 2012, ternyata dekorasi Fingersnaps banyak diminati orang. Semakin tenar dari mulut ke mulut dan didukung media sosial, kini Fingersnaps menjadi salah satu jasa penyedia dekorasi pesta yang cukup kondang di Jakarta.

Faryanti bersama Anessa Natalia, rekannya yang fokus dalam marketing Fingersnaps, konsisten dalam mengembangkan Fingersnaps.

Faryanti menuturkan, mendekorasi pesta anak mempunyai tantangan tersendiri. Permainan warna, suasana ceria yang dibangun, dan pengisi acara perlu dirancang jauh-jauh hari sebelumnya. Fingersnaps mengatur dan menyiapkan perlengkapan dekorasi pesta, seperti backdrop, stage atau panggung, dessert table, photobooth, dan perlengkapan lainnya.

“Pesta anak itu menggunakan dekorasi yang lucu-lucu, fun, ada karakter seperti Elsa dan Anna dalam film Frozen. Ada kepuasan tersendiri ketika melihat anak-anak senang dan orangtua mereka senang,” papar Faryanti.

Untuk aktivitas anak, biasanya terdapat acara sulap, akrobat, badut, atau menyanyi dengan dipandu MC. Pemesanan jasa party planner Fingersnaps dianjurkan sekitar 10–7 hari menjelang hari-H. Dengan demikian, Fingersnaps bisa menyiapkan segala sesuatu dengan lebih matang.

Pada hari-H, Fingersnaps mempersiapkan pesta sejak 5 jam sebelum acara, serta hadir hingga sekitar 2 jam sesudah acara untuk membereskan sisa pesta. Jenis pesta mayoritas yang ditangani Fingersnaps adalah pesta ulang tahun anak, selebihnya pesta ulang tahun orang dewasa dan acara-acara kantor.

Party planner ini bagi kami sangat menarik karena kami bisa mengatur waktu agar bisa bersama keluarga dan anak. Selain itu, kami bisa bertemu dengan orang-orang baru, suasana baru, dan tahu tempat-tempat baru,” kata Nessa. [MIL]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 20 Desember 2016

Mengintip Peluang Usaha Bisnis Jasa Dekorasi Pesta Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑