Otomotif memilih tempat parkir mobil yang aman

Published on January 19th, 2018 | by Kompas Klasika

Tips Memilih Tempat Parkir Mobil yang Aman

Memilih lokasi parkir mobil sebaiknya tak sembarang. Jika salah parkir, berbagai risiko bisa menerpa Anda. Mulai dari lecet, rusak, hingga hilang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk mencari parkir mobil yang aman.

Pilihlah lokasi parkir Anda yang berada di bawah cahaya terang saat malam hari atau Selain itu, parkirlah di tempat yang ramai untuk mencegah maling mendekati mobil Anda.

Hindari juga memarkir di tengah atau di sebelah mobil yang lebih besar dari mobil Anda. Hal ini untuk mencegah maling menggunakan besarnya mobil di sebelah Anda untuk menutupi aksi pencuriannya.

Periksa kembali kunci mobil sesaat sebelum Anda turun walaupun mobil sekarang sudah canggih karena mobil akan berbunyi kalau kunci belum terlepas dari lubang starternya. Periksa juga pintu dan jendela benar-benar sudah tertutup rapat. Selain itu, jangan tinggalkan karcis parkir di dalam mobil Anda.

Tidak ada salahnya Anda tetap memasang kunci setir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Maling pasti akan mengurungkan niatnya membawa kabur mobil Anda karena setir sudah terkunci. Untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatis, pastikan mobil sudah dalam posisi P atau park. Oleh karena itu, apabila parkir di pinggir jalan, sebaiknya hindarilah parkir paralel.

Jangan pernah meninggalkan barang berharga Anda di dalam mobil seperti laptop, ponsel dan lainnya terutama saat parkir di tempat ramai. Apabila merepotkan untuk dibawa, ada baiknya sembunyikan laptop dan tas atau lainnya di bawah jok agar tidak memancing keinginan pencuri.

Setelah kembali dan sebelum masuk mobil, sebaiknya Anda melakukan pengecekan kondisi mobil apakah ada yang retak atau pecah dan lainnya. Periksa juga keadaan di dalam mobil. Kalau ada kehilangan, Anda bisa segera melaporkan ke pihak keamanan. [*/VTO]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 29 Mei 2017

Tips Memilih Tempat Parkir Mobil yang Aman Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑