Ragam memanfaatkan suvenir pernikahan

Published on February 26th, 2018 | by Kompas Klasika

Membuat Hiasan di Rumah Memanfaatkan Suvenir Pernikahan

Suvenir pernikahan dewasa ini sangat beragam, mulai dari gelas, pin magnetis, bingkai, atau handuk mungil. Bentuk dan warnanya bisa sangat beragam, tetapi yang jelas lucu, unik, dan menarik. Apalagi, nama mempelai dan waktu resepsi tercantum, sehingga suvenir juga memiliki nilai sejarah yang akan kian terasa seiring berjalannya waktu.

Sangat disayangkan apabila pernak-pernik pengantin tersebut berserakan dan akhirnya hilang entah kemana hanya karena Anda malas merapikannya. Justru Anda dapat menemukan hobi baru dengan mulai mengoleksi suvenir-suvenir berharga itu di rumah. Bahkan, Anda tak perlu mengeluarkan biaya lebih demi menambah hiasan pelengkap dekorasi rumah.

Langkah pertama, siapkan tempat khusus penyimpanan suvenir. Disarankan memakai rak atau lemari transparan agar warna-warni suvenir dapat dinikmati. Ruang tamu atau ruang keluarga merupakan contoh tempat strategis penempatan lemari. Namun, sebelum Anda memilih satu tempat penyimpanan, pastikan ukuran dan temanya sesuai dengan kondisi rumah.

Kedua, pilihan rak atau lemari harus dipertimbangkan dengan baik. Rak biasanya lebih praktis karena terbuka dan ukurannya “bersahabat” dengan luas ruangan. Namun, kepraktisan rak harus diimbangi dengan ketelatenan Anda.

Rak yang biasanya terbuka membuat suvenir mudah terkena kotoran. Apabila tidak sering dibersihkan, koleksi Anda akan tertutup debu. Sedangkan di lemari, kebersihan lebih terjaga asal dibersihkan secara rutin. Namun, pastikan luas ruangan cukup untuk penempatan lemari agar ruangan tidak terlihat sempit.

Ketiga, atur dan kelompokkan suvenir tersebut berdasarkan jenisnya. Sebagai contoh, suvenir berupa gelas dijadikan satu dengan gelas. Atau untuk mempermudah perawatan, bisa juga Anda bagi menurut bahan suvenir itu sendiri, seperti suvenir kayu, kuningan, dan kaca. Perlu diingat bahwa setiap material memiliki karakter dan cara merawat yang berbeda. Agar selalu awet dan “bersinar”, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perawatan yang sesuai.

Nah, saatnya Anda miliki kesibukan baru dengan mengoleksi suvenir pernikahan. Jadikan kenang-kenangan pengantin tersebut menjadi lebih berharga dengan menjadi pajangan menawan di rumah Anda. [*/ACA]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 14 Juli 2017

Membuat Hiasan di Rumah Memanfaatkan Suvenir Pernikahan Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑