Kesehatan manfaat daun kemangi

Published on July 27th, 2017 | by Kompas Klasika

Manfaat Tersembunyi Daun Kemangi untuk Kesehatan

Kemangi memiliki nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Dengan ciri rasa dan aromanya yang khas, kemangi yang memiliki pohon berukuran kecil menyerupai rumput ini banyak digunakan sebagai lalapan untuk santapan aneka sambal atau “penyetan”. Selain segar saat dikonsumsi, ternyata daun kemangi mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat tersebut? Simak berikut ini.

Pertama, mengatasi bau mulut. Daun kemangi ampuh mengobati masalah bau mulut. Selain bau mulut, kemangi mampu menanggulangi bau badan yang tidak sedap. Oleh karena itu, banyak ramuan tradisional yang melibatkan daun kemangi untuk mengobati masalah bau mulut dan bau badan.

Kedua, menjaga kesehatan mata. Daun kemangi mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. Cara mengonsumsinya dalam bentuk minuman atau dapat juga dimakan mentah bersama nasi.

Ketiga, mengobati keputihan. Di dalam daun kemangi terdapat kandungan antibiotik alami yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Cara memakainya adalah memakan daun kemangi mentah-mentah bersama nasi.

Keempat, kesehatan jantung. Berdasarkan beberapa penelitian, daun kemangi berperan dalam memelihara kesehatan jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium. Keduanya merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Kelima, atasi perut kembung atau masuk angin dan demam pada anak balita. Caranya, meremas daun kemangi bersama bawang merah dan minyak kelapa, kemudian dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

Keenam, antioksidan. Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan demikian, kekuatan antioksidan dari kemangi mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin.

Ketujuh, melawan menopause dini. Daun kemangi merupakan daun yang mengandung zat triptofan yang mampu menghambat datangnya menopause. Karena itu, jika ingin agar lebih lambat mengalami menopause, rajinlah mengonsumsi daun kemangi.

Kedelapan, mengobati batuk dan pilek. Daun kemangi mengandung zat yang mampu menjauhkan bakteri penyebab batuk dan pilek. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan meminum wedang kemangi saat hangat ketika musim dingin.

Selain menghindari batuk pilek, daun kemangi mampu menghangatkan tubuh sehingga tubuh dapat terasa nyaman. Jadi, siapa bilang untuk sehat harus selalu mahal? Manfaatkan aneka bahan dapur atau tanaman di kebun untuk mendukung kesehatan. [*]

Foto Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 5 Mei 2015

Manfaat Tersembunyi Daun Kemangi untuk Kesehatan Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑