Kesehatan manfaat madu untuk kesehatan

Published on February 28th, 2018 | by Kompas Klasika

0

Manfaat Madu untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Madu bukan hanya manis rasanya sehingga acap digunakan sebagai pemanis. Ternyata, madu memiliki banyak manfaat. Berikut ini, merupakan beberapa manfaat madu bagi kesehatan.

Pertama, madu merupakan sumber energi alami. Selain rasanya yang manis dan legit, madu mengandung karbohidrat yang tinggi yang berfungsi untuk menyediakan energi dan kekuatan bagi tubuh. Bila Anda sedang melakukan aktivitas yang berat, disarankan untuk minum madu agar kandungan gula darah sebagai sumber energi tetap terjaga. Apalagi, gula alami yang terkandung dalam madu juga cukup menyehatkan.

Kedua, madu bisa membantu mengurangi sejumlah penyakit ringan dan umum. Contohnya adalah ketika jari Anda terpotong atau terbakar, sulit tidur, atau saat tenggorokan gatal dan kering. Zat antiseptik yang terdapat di dalamnya merupakan antiinfeksi dan antiradang yang alami dan cukup kuat. Apalagi, mengonsumsi madu secara rutin juga dapat membantu pencegahan penyakit kanker.

Ketiga, madu adalah salah satu pembentuk sistem imun yang tepercaya. Kandungan antioksidan dan antibakteri di dalamnya membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan serta memerangi berbagai penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi madu dicampur sedikit lemon setiap hari.

Setelah mengetahui beberapa fungsi madu bagi tubuh, berbagai pengolahan madu berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi bila Anda dan keluarga mengalami masalah kesehatan ringan. Lenyapkan gangguan tenggorokan gatal dan kering dengan madu dan jeruk nipis atau lemon.

Caranya, ambil sesendok makan madu, empat sendok makan lemon atau jeruk nipis, dan sedikit garam. Anda bisa langsung meminumnya, atau campurkan dengan sedikit air hangat agar rasanya lebih soft. Cara ini juga cukup efektif untuk ”memurnikan” darah dan mengurangi kadar lemak.

            Anda juga bisa ”mengusir” insomnia dengan memadukan susu dan teh dengan madu. Sebelum tidur, siapkan segelas susu panas yang dicampur dengan satu sendok madu. Atau, Anda bisa mencampur madu dengan segelas teh. Jadikan madu sebagai pengganti gula yang biasa Anda konsumsi.

Madu yang dicampur teh jahe, asal tidak berlebihan, juga bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat meredakan morning sickness. Selain hangat dan menyegarkan, madu teh jahe juga membantu mengurangi rasa mual dan muntah di awal-awal masa kehamilan. Lalu, bila Anda ingin meningkatkan penglihatan, cukup campur wortel dan sesendok madu. Rasa wortel yang kurang disukai sebagian orang, akan berpadu sempurna dengan manisnya madu. [*/ACA]

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑