Kesehatan anak sekarang sering melihat layar

Published on August 4th, 2017 | by Kompas Klasika

Makanan-makanan ini Bisa Sehatkan Mata Anak

Saat ini, semakin banyak anak-anak yang seolah dibiarkan matanya berlama-lama menatap layar kaca. Anak-anak kian betah menonton sinema-sinema kesayangannya atau bermain gim dengan gawai orangtuanya. Orangtua harus semakin awas, kesehatan mata si kecil harus dijaga sejak dini. Bagaimana caranya?

Merawat kesehatan mata bisa juga dilakukan dengan makanan di sekitar kita. Harga untuk menikmatinya juga relatif terjangkau. Malah, ada beberapa jenis sayuran yang bisa kita tanam di halaman rumah.

Makanan yang menyehatkan mata dimulai dengan telur. Dalam pengujian, telur didapati menyimpan banyak asam amino, belerang, lesitin, sistein, dan lutein yang melindungi mata dan lensanya dari ancaman katarak.

Selanjutnya, ikan. Penghuni air ini memiliki kadar DHA yang tinggi. DHA merupakan zat yang mendukung struktur pada membran sel. Mengonsumsi ikan amat disarankan untuk orang yang mengalami mata kering atau degenerasi makula. Jenis ikan yang kaya kandungan DHA, antara lain tuna, kod, salmon, sarden, dan makarel.

Makanan yang baik untuk mata berikutnya berasal dari keluarga buah. Anggur dan blueberry, contohnya. Kedua buah itu menawarkan zat anthocyanin yang diyakini dapat memperkuat pandangan mata di malam hari.

Dari kelompok sayur-mayur, wortel menjadi yang paling populer untuk mendukung kejernihan mata. Wortel kaya kandungan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Beta-karoten juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan beberapa jenis kanker.

Sumbangan zat yang menyehatkan mata juga diberikan oleh bawang putih dan bawang merah. Bahan bumbu dapur ini mempunyai kandungan sulfur yang tinggi. Sulfur digunakan untuk memproduksi glutation alami, antioksidan yang penting untuk lensa mata.

Adapun tanaman hijau yang kerap tumbuh di halaman rumah dan bermanfaat bagi mata adalah bayam dan kangkung. Sayuran ini menyediakan unsur karotenoid, lutein, dan zeaxathin. Pigmen kuning lutein membantu melindungi makula dari cahaya biru dan sengatan sinar matahari. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 6 Januari 2017

Makanan-makanan ini Bisa Sehatkan Mata Anak Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑