Gaya Hidup wisata khusus lansia

Published on February 5th, 2019 | by achdiyatisumi

0

Korea Selatan Tawarkan Kemudahan Wisata Khusus Lansia

Selain wisata modern, Korea dikenal memiliki beberapa tempat wisata tradisional. Rata-rata turis Indonesia mengunjunginya secara berimbang. Bagi lansia, wisata ke Korea juga memberikan kenyamanan tersendiri. Karena, Negeri Ginseng ini menawarkan banyak kemudahan untuk wisata khusus lansia.

Korea Selatan makin populer menjadi destinasi wisata kelas dunia, terutama untuk para pelancong Asia. MICE Manager KTO (Korea Tourism Organization) Jakarta Office Akhmed Faezal Alhamdi menyampaikan adanya kenaikan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Korea pada 2018. Kenaikan ini mencapai angka 24,8 persen dalam rentang waktu Oktober 2017–Oktober 2018. Pada 2017, warga Indonesia ke Korea tercatat 19.981 wisatawan.Seperti dikutip dari https://visitkorea.or.id, berikut ini kemudahan bagi para lansia dalam berwisata di “Negeri Ginseng” tersebut.

Lokasi wisata khusus lansia

Lokasi wisata utama dan fasilitas budaya menawarkan diskon atau tiket masuk gratis untuk pengunjung lansia. Namun, beberapa organisasi kecil atau lokasi wisata mungkin tidak menawarkan tiket diskon tersebut untuk wisatawan internasional. Pengunjung dengan usia 65 tahun atau lebih harus menunjukkan ID yang valid untuk memenuhi persyaratan diskon tiket masuk.

wisata khusus lansia

Foto-foto: Shutterstock.com

Tempat wisata seperti Cheonggyecheon Stream, Seoul Forest, dan Han Riverside Park di Kabupaten Ttukseom (hanya akhir pekan) dan fasilitas budaya termasuk Seoul Museum of Art, National Museum of Contemporary Art, dan Museum Nasional Korea menawarkan kursi roda gratis. Untuk menyewa kursi roda, pengunjung wajib menunjukkan identitas valid seperti paspor.

Transportasi Khusus untuk Lansia

Kereta bawah tanah

Stasiun kereta bawah tanah di Korea dilengkapi dengan lift atau lift kursi roda bagi pengunjung wisatawan lansia yang mengalami kesulitan berjalan. Di kereta bawah tanah, kursi khusus tersebut dapat ditemukan di ujung setiap deretan tempat duduk. Penumpang khusus lansia biasanya diberikan prioritas utama di kursi ini.

Bus

Prioritas tempat duduk untuk penumpang lansia dan penyandang disabilitas dapat ditemukan pada semua bis di Korea. Kursi untuk penumpang lansia biasanya terletak di sebelah pintu dan ditandai dengan penutup kursi kuning atau merah muda.

Bandara

Setiap maskapai menyediakan layanan khusus untuk penumpang lansia dan penyandang disabilitas. Beberapa layanan mungkin berbeda di setiap bandara, maskapai penerbangan, atau rute penerbangan. Layanan umumnya sebagai berikut.

  • Keberangkatan
    Prioritas check-in dan bantuan check-in, bantuan mengisi dokumen keberangkatan, mengawal layanan menuju ke pesawat.
  • Dalam penerbangan
    Bantuan dengan mengisi dokumen embarkasi, layanan perawatan khusus.
  • Kedatangan
    Bantuan dengan prosedur masuk dan pemeriksaan bagasi, mengawal layanan untuk menuju ke transportasi selanjutnya.
  • Layanan kereta dorong
    Tersedia di terminal untuk penumpang yang mungkin memiliki kesulitan berjalan seperti pengunjung lansia, wanita hamil, dan tunanetra.

Tags: , ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑