Kesehatan Kaki merupakan salah satu organ penting yang wajib dijaga kesehatannya.

Published on June 22nd, 2018 | by Kompas Klasika

Kaki, Organ Penting yang Harus Dijaga Kesehatannya

Tidak dapat disangkal bila kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang terpenting dalam aktivitas manusia. Bayangkan bila pemain sepak bola mengalami masalah pada bagian kakinya. Jangankan untuk mencetak gol, untuk berlari dan mengejar bola pun pasti sulit.

Seperti halnya menjaga kesehatan tubuh pada umumnya, menjaga kesehatan kaki merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Bukan sekadar mencuci kaki atau menyabuninya agar bersih, ada beberapa hal yang harus dicermati dan diterapkan dalam merawat dan menjaga kesehatan kaki. Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan kaki yang dapat Anda lakukan.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu membiasakan diri untuk berjalan kaki. Boleh dibilang, berjalan kaki merupakan salah satu terapi sederhana untuk kaki, khususnya bagi Anda yang sering bepergian dengan kendaraan bermotor. Luangkan waktu beberapa puluh menit setiap harinya untuk berjalan santai di sekitar rumah atau ruangan kantor Anda. Tanpa disadari hal ini akan berdampak positif bagi kesehatan kaki Anda.

Perhatikan juga alas kaki yang digunakan saat Anda berjalan kaki. Sebaiknya, gunakan alas kaki berdasarkan aktivitas yang dijalani. Hindari menggunakan sepatu high heels atau stiletto jika ingin berjalan jauh. Begitu pun jika Anda ingin berolahraga atau berlari, gunakan sepatu olahraga yang fleksibel dan aman untuk menghindari risiko yang dapat mencederai kaki. Selain itu, pilih alas kaki yang sesuai dengan ukuran kaki agar kaki terasa nyaman, aman, dan kesehatan kaki tetap terjaga.

Jika mengalami cedera karena jatuh atau terbentur, ada baiknya Anda segera mengompres kaki dengan air dingin atau es batu. Hal ini dipercaya dapat memulihkan kondisi kaki dengan segera. Selain itu, agar peredaran darah tetap lancar, biasakan untuk meluruskan posisi kaki saat tidur.

Saat kaki terasa letih dan pegal, tidak ada salahnya jika sesekali Anda melakukan pijatan untuk melemaskan otot-otot kaki setelah melakukan aktivitas yang berat. Maklum saja, terkadang kondisi pekerjaan dan aktivitas yang mengharuskan Anda mengendarai motor atau mobil di tengah kemacetan membuat kaki terasa letih dan pegal. Oleh karena itu, luangkan selalu waktu untuk melatih dan menjaga kesehatan kaki dengan berjalan santai dan berolahraga. [AYA]

Foto Shutterstock.com

Kaki, Organ Penting yang Harus Dijaga Kesehatannya Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , , ,


About the Author



Back to Top ↑