Kilau Ramadhan kata kunci google

Published on June 13th, 2017 | by Kompas Klasika

Kata Kunci Pencarian Terbanyak di Google Selama Ramadhan

Beberapa waktu lalu, Google merilis data tentang hal-hal yang paling banyak dicari konsumen Indonesia selama Ramadhan. Ada beberapa temuan menarik yang muncul. Dua di antaranya yaitu pencarian kata kunci “penanak nasi” dan “cicilan”.

Seperti dikutip dari laman Techinasia Indonesia, Henky Prihatna selaku Head of E-Commerce Google Indonesia melihat ada pergeseran perilaku konsumen saat berbelanja online (daring).

“Dulu dekat-dekat Lebaran, masyarakat baru melakukan pencarian. Sekarang seminggu atau dua minggu sebelum Ramadhan sudah melakukan pencarian barang-barang apa saja yang mau dibeli,” ungkap Henky.

Sebagai gambaran, tahun lalu, pencarian mengenai pendaftaran kartu kredit memuncak pada April hingga Mei 2016. Secara keseluruhan, ada peningkatan sebesar 1,15 kali mengenai kartu kredit dibandingkan 2015.

Angka ini baru menurun saat sudah memasuki bulan Ramadhan. Kata kunci “cicilan”  mengalami peningkatan sebesar 1,6 kali. Pencarian dengan kata kunci “cicilan nol persen” mencapai puncaknya pada minggu ketiga Ramadan 2016.

Busana muslim
Sementara itu, kata kunci yang berhubungan dengan produk Ramadhan juga meningkat. Salah satunya “busana muslim”. Pencarian kata kunci “busana muslim” meningkat hingga mencapai 200 persen dibandingkan hari biasa.

Selain “busana muslim”, konsumen Indonesia juga banyak mencari kata kunci yang berhubungan dengan peralatan rumah tangga. Mulai dari, “lemari es”, “pendingin udara”, hingga “kompor”. Kata kunci tersebut mengalami kenaikan pencarian sebesar 25 persen. Menariknya, khusus kata kunci “penanak nasi”, kenaikannya luar biasa tinggi yaitu sebesar 45 persen dibandingkan hari biasa. Hal ini terutama terjadi pada satu minggu sebelum Ramadhan.

Tahun lalu, untuk produk yang berhubungan dengan kata kunci “smartphone” (ponsel pintar) meningkat sebesar 40 persen terutama saat pekan pembagian tunjangan hari raya (THR). Ponsel pintar berharga kurang dari Rp 3,5 juta menduduki peringkat teratas pencarian. Peringkat berikutnya ponsel pintar dengan rentang harga Rp 3,5 hingga Rp 7 juta dan disusul dengan yang Rp 7 juta ke atas.

Fitur baru
Selain menampilkan data-data seputar pencarian, Ramadhan tahun ini menjadi momentum Google memperkenalkan beberapa fitur terbaru mereka, terutama yang ada di Google Maps. Salah satunya yaitu fitur reservasi atau “pesan meja”. Fitur ini dapat ditemui di layanan Google Maps ketika kita mencari restoran terdekat. Setelah menemukan restoran yang dicari, kita bisa langsung melakukan “pesan meja”. Fitur ini merupakan kerja sama Google dengan Qraved dan Chope.

Masih bicara Google Maps, kini kita bisa berbagi lokasi kepada kerabat melalui layanan ini. Menariknya, jika penerima tidak memiliki akun Gmail, info lokasi yang dibagikan akan dikirimkan via SMS.

Fitur baru lainnya di Google Maps yaitu adanya fitur transit untuk pengguna kereta Commuterline Jabodetabek. Melalui fitur ini, kita bisa dengan memudah memantau waktu kapan kereta tiba secara real time. Bahkan, layanan ini memungkinkan kita bisa mengecek lama waktu tempuh hingga biaya perjalanan. [*/INO]

Foto dokumen Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 12 Juni 2017

Kata Kunci Pencarian Terbanyak di Google Selama Ramadhan Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑