Luar Negeri taman bekonscot inggris

Published on April 18th, 2018 | by Kompas Klasika

0

Inspirasi Seni Miniatur di Taman Mini Bekonscot, Inggris

Taman sering kali dijadikan destinasi wisata rekreasi keluarga sehingga tampilan yang menarik dan unik sering kali diwujudkan agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Contohnya, Taman Miniatur Bekonscot di Distrik Buckinghamshire, Inggris. Taman ini menjadi miniatur Desa Bekonscot.

Didirikan pada lahan seluas 1,5 hektar, bangunan pada miniatur ini dibuat dengan bahan dari kayu, batu, logam, dan kaca mirip dengan rumah sesungguhnya, tetapi dengan skala yang lebih kecil. Selain bangunan rumah, miniatur ini memiliki ruang publik seperti taman dan model alat transportasi kereta api dan kapal-kapal yang sangat mengesankan.

Miniatur perkampungan Bekonscot telah menarik para pengunjung selama lebih dari 80 tahun. Model miniatur perkampungan ini dipercaya adalah model asli miniatur tertua di dunia.

Seluruh miniatur perkampungan digagas dan dibuat oleh penduduk setempat di Beaconsfield. Ide aslinya berasal dari seorang penduduk yang cukup terpandang saat itu, Roland Callingham pada 1920.

dokumen https://www.bekonscot.co.uk

Awalnya, Callingham berencana membuat miniatur ini untuk menghiasi taman di rumahnya, menghibur para tamu yang berkunjung terutama tamu-tamu pejabat, dan orang-orang penting lainnya. Seiring dengan perjalanan, taman ini justru menarik perhatian dari berbagai kalangan dan media pers mulai meliput miniatur perkampungan unik ini.

Melansir Mobgenic.com, terdapat enam model desa yang ada di miniatur perkampungan. Model ini sepenuhnya adalah perkampungan imajiner, gaya arsitektur bangunan yang terdapat di dalamnya terinspirasi oleh bentuk bangunan Inggris pada era 1930.

Bangunan tersebut dirancang oleh arsitek bangunan, lanskap, dan perajin kayu yang menghasilkan sebuah karya indah yang tertuang dalam sebuah miniatur perkampungan. Desain arsitekturnya mengadopsi desain venekular yang mencerminkan kearifan lokal masyarakat setempat.

Arsitektur vernakular terbentuk dari proses yang berangsur-angsur, lama, dan berulang-ulang sesuai dengan perilaku, kebiasaan, dan kebudayaan di tempat asalnya. Vernakular berasal dari vernacullus yang berarti lokal atau pribumi.

Dari sejak awal dipamerkan untuk umum, keuntungan dari Bekonscot digunakan untuk amal. Hingga saat ini diperkirakan Bekonscot telah berhasil mengumpulkan uang setara dengan 5 juta poundsterling dan telah menginspirasi daerah lainnya untuk membuat model miniatur perkampungan. Tertarik untuk mengikuti jejaknya di lingkungan rumah Anda? [*/ACH]

Foto : bekonscot.co.uk.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 19 September 2017

Tags: , , ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑