Kilau Ramadhan memeriksa mobil sebelum mudik

Published on June 11th, 2018 | by Kompas Klasika

Ini Alasan Mobil Lama maupun Baru Sebelum Mudik Harus Diperiksa

Mudik naik mobil pribadi dianggap lebih menyenangkan. Selain irit, di kampung halaman nanti kita tak perlu menyewa kendaraan atau naik angkutan kota untuk berkunjung ke rumah handai tolan.

Namun, bila mobil yang kita miliki tergolong tua, biasanya kita menjadi sangsi, akankah mobil itu dapat menggelinding sesuai harapan? Belum lagi bila rute yang akan ditempuh memiliki tanjakan curam dan ruas jalan yang berlubang. Jawabannya, tak perlu cemas. Selama mobil itu kita rawat secara teratur.

Menurut sejumlah pakar otomotif, pada dasarnya mobil berusia 1–5 tahun atau 5–10 tahun harus diperiksa dengan metode yang hampir sama. Bahkan, pemilik mobil yang masih berumur satu tahun pun tak boleh meremehkan kondisi kendaraannya. Itu jika diasumsikan dalam satu tahun mobil sudah menempuh jarak 20.000 kilometer.

Pengecekan yang umum dilakukan, antara lain kualitas dan jumlah oli pelumas mesin. Kemudian, saringan oli harus diganti tatkala mobil sudah menempuh jarak 10 ribu kilometer. Lalu, jumlah dan kualitas air pendingin. Air pendingin yang baik akan menjadi temperatur mesin.

Bagian yang juga harus diperiksa adalah sistem pengereman. Ini amat vital dan tak terbatas pada mobil baru atau lama. Sistem pengereman harus selalu bersih, serta kualitas dan jumlah minyak rem mesti dijaga. Kalau sering menambah minyak rem, amat mungkin telah terjadi kebocoran. Harus segera ditangani.

Sistem pengereman umumnya diperiksa dan dibersihkan ketika mobil telah menempuh jarak 10 ribu kilometer. Pengecekan ini sebaiknya diikuti dengan memeriksa ketebalan kampas rem dan cakramnya.

Indikasi kampas yang menipis dapat dirasakan dengan menginjak pedal rem. Bila pedal diinjak semakin dalam, amat mungkin kampas rem sudah tipis. Sementara bila kampas rem belakang menipis, biasanya ditandai dengan cengkeraman rem tangan yang berkurang.

Kampas kopling juga mesti diperiksa. Bila tarikan sudah terasa berat, sebaiknya segera ganti kampas kopling tersebut. Kopling umumnya akan bekerja keras bila rute yang dilalui punya banyak tanjakan. Memeriksa sistem kopling juga diikuti dengan mengecek minyak kopling.

Bagian yang juga penting adalah lampu dan tekanan ban. Pastikan semua lampu pada mobil kita menyala normal dan tekanan ban sudah sesuai. Setelah semua komponen vital mobil dinyatakan oke, barulah kita mengecek sistem pendingan udara (AC). Ini demi kenyamanan selama perjalanan mudik.

Untuk memudahkan pemeriksaan kendaraan, sebaiknya kita mengunjungi bengkel mobil yang berstandar dan tepercaya. Hal itu dapat kita lakukan paling tidak seminggu sebelum mudik. [*/TYS]

Foto : Shutterstock.com

Ini Alasan Mobil Lama maupun Baru Sebelum Mudik Harus Diperiksa Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑