Artikel pameran IIMS 2018

Published on April 10th, 2018 | by Ino Julianto

0

IIMS 2018 Hadir dengan Inovasi dan Semangat Digital

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 tak hanya menjadi ajang adu kebolehan bagi merek-merek kendaraan bermotor. Pameran berskala internasional yang dihelat pada 19–29 April mendatang di JI Expo Kemayoran, Jakarta, ini hadir dengan sederet inovasi dan semangat digital yang layak dinikmati.

Melihat mobil-mobil baru yang terpajang apik dan dibanderol dengan harga menarik adalah hal lumrah pada pameran otomotif. Namun pada IIMS kali ini, pihak penyelenggara menyuguhkan hal berbeda, di antaranya dengan melakukan terobosan terkait kenyamanan pengunjung mendapatkan tiket.

“Digitalisasi. Ya, pada era serba digital ini, kami mencoba mengadopsi teknologi digital pada semua elemen, di antaranya tiket digital bagi pengunjung IIMS,” ujar Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.

Masyarakat, lanjut Hendra, dapat membeli tiket digital di Bukalapak yang kemudian ditukarkan dengan wristband. Dengan gelang digital tersebut, pengunjung dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk kemudian ditukarkan dengan hadiah menarik.

Pihak penyelenggara juga menyediakan tiket infinite experience atau tiket terusan yang berlaku selama 11 hari pameran. Dengan tiket ini, pengunjung dapat menikmati sederet fasilitas yang terdapat di IIMS infinite lounge, serta jalur khusus untuk melakukan uji berkendara, baik roda empat maupun roda dua.

Karya anak bangsa

Mobil listrik dari Universitas Islam Indonesia

Mobil listrik dari Universitas Islam Indonesia

Tak hanya seputar kemudahan mendapatkan tiket pameran serta layanan maksimal bagi pengunjung. Karya-karya anak bangsa juga mendapat porsi tersendiri pada pameran yang diikuti oleh pelaku industri otomotif dan pendukungnya ini.

Pada pameran kali ini, pengunjung tak hanya bisa melihat konsep mobil listrik yang diciptakan oleh produsen otomotif ternama, tetapi juga hasil karya sejumlah mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, dan Politeknik Negeri Bandung.

“Ini merupakan kesempatan besar bagi teman-teman mahasiswa untuk dapat melihat dunia otomotif lebih luas lagi. Dengan mengikuti ajang ini, kami bisa mendapatkan banyak masukan dari komunitas, asosiasi, maupun perusahaan otomotif dan APM di Indonesia,” ujar Yanuar Anaba yang mewakili mahasiswa peserta pameran.

Pada pameran kali ini, lanjut Yanuar, akan terdapat 5 mobil listrik karya mahasiswa yang akan ditampilkan, di antaranya mobil listrik berkonsep urban dari Universitas Brawijaya.

Sejumlah builder sepeda motor ternama di Indonesia dan pelaku industri kreatif lainnya yang tergabung dalam Innovative & Creative Automotive Society (Increase) juga turut ambil bagian. “Kehadiran kami di IIMS 2018 diharapkan dapat lebih memperkenalkan industri kreatif otomotif di Tanah Air. Selain itu, ajang ini juga dapat meningkatkan skill individu, yakni melalui workshop,” beber Djoko Iman Santoso, founder Increase.

Atraksi

el toro loco

dok. www.monsterjam.com

Sajian lain yang tak kalah menarik, bahkan ditunggu-tunggu masyarakat luas adalah Monster Jam atau El Toro Loco yang didatangkan langsung dari AS. Pengunjung bisa menonton atraksi kendaraan bertubuh besar ini. Melalui anggotanya, Indonesia Offroad Federation (IOF), sebagai host dalam setiap kegiatan El Toro Loco ini juga akan memberikan penjelasan kepada pengunjung mengenai sosok kendaraan tersebut.

Pameran otomotif bertajuk “Your Infinite Automotive Experience” ini akan diikuti oleh sederet merek kendaraan bermotor roda empat seperti Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling. Kehadiran tiga importir umum (IU), yaitu Glamour, Ivan’s Motor, dan Prestige semakin membuat pameran ini kian menarik.

Tak hanya roda empat, merek-merek dan pelaku industri kendaraan roda dua pun ikut unjuk kebolehan, seperti Aprilia, Astra Honda Motor, BMW Motorrad, Benelli, Gas Gas, Harley-Davidson, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Motoguzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, dan Vespa. Penasaran? Luangkan waktu Anda dan kunjungi IIMS 2018 di JI Expo Kemayoran! [BYU]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 10 April 2018

Tags: , , ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑