Kesehatan Cara memasak yang benar dapat membuat makanan tetap lezat dan sehat.

Published on June 13th, 2018 | by Kompas Klasika

Hindari Cara Masak Ini agar Makanan Tetap Sehat dan Lezat

Apa menu Lebaran yang hendak kita sajikan esok? Apapun makanannya, selain lezat, sebaiknya juga memperhatikan cara memasaknya agar nutrisi atau gizi yang terkandung pada makanan tetap bermanfaat bagi tubuh sehingga kita pun tetap sehat.

Jika nutrisinya rusak, maka makanan itu hanya akan menjadi “beban”bagi tubuh sehingga malah bisa memicu suatu penyakit. Agar makanan tetap sehat, sebaiknya hindari teknik masak berikut ini.

Pertama, menggunakan wajan antilengket (non-stick pans) untuk memasak pada temperatur tinggi. Padahal temperatur terlalu tinggi dapat menyebabkan wajan antilengket mengeluarkan PFC (perfluorocarbon) yang dapat mengundang masalah kesehatan. Oleh sebab itu, bila ingin menggunakan wajan antilengket, disarankan cek terlebih dulu keterangan tingkat panas yang dianjurkan pada kemasannya.

Kedua, sering mengaduk makanan saat memasak. Biasanya untuk menghindari gosong, kita sering mengaduknya. Namun, terlalu sering mengaduk makanan saat memasak justru dapat menghambat proses pematangan yang bisa menurunkan aroma makanan. Kecuali jika kita sedang mengikuti suatu resep masakan dan diharuskan untuk terus mengaduk dalam proses pematangannya.

Ketiga, memanaskan minyak sampai mengeluarkan asap. Biasanya saat mulai memasak, hal pertama yang dilakukan adalah memanaskan minyak di wajan. Memanaskan minyak ini memerlukan waktu, biasanya kita akan mengerjakan hal lain sembari menunggunya. Jika minyak sudah panas, asap akan mengepul.

Namun, minyak yang amat panas ini sebenarnya kurang baik. Sebab, suhu yang terlalu panas bisa membuat kandungan antioksidan pada minyak rusak dan menghasilkan senyawa berbahaya. Selain itu, sebaiknya jangan memakai minyak goreng bekas yang sudah dipanaskan beberap kali.

Cobalah untuk mulai memasak secara aman dan sehat dengan menggunakan minyak tanpa perlu memanaskannya sampai berasap. Cukup panaskan minyak sebentar saja dengan api sedang. [*]

Foto : Shutterstock.com

Hindari Cara Masak Ini agar Makanan Tetap Sehat dan Lezat Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , , , ,


About the Author



Back to Top ↑