Artikel aneka olahan makanan ful medames

Published on June 7th, 2018 | by Dimitri

Ful Medames, Menu Berbuka Puasa Khas Mesir

Waktu berbuka puasa menjadi saat yang dinanti-nanti. Beragam sajian khas biasanya menyemarakkan momen ini. Selain Indonesia yang memiliki beragam sajian khas dengan cita rasa rempah yang kuat, Mesir juga terkenal dengan penggunaan rempah pada penganannya. Salah satu contohnya, masakan yang bernama ful medames.

Ful medames atau disingkat fūl adalah hidangan Mesir dari kacang fava yang dimasak dengan minyak sayur, jintan putih, ditambah dengan potongan peterseli, bawang putih, bawang bombai, perasan lemon, dan cabai. Ini merupakan makanan pokok di Mesir, khususnya di kota-kota utara Kairo dan Gizah. Namun, ful medames juga digemari masyarakat Lebanon, Suriah, Palestina, Yordania, Sudan, Yaman, dan Arab Saudi.

Makanan ini biasanya dimakan oleh warga Mesir untuk sarapan. Namun, saat Ramadhan, lebih populer untuk menu berbuka. Ful medames biasanya dilengkapi dengan roti pita, acar sayuran, dan rempah daun segar yang diletakkan di sisi piring. Tekstur sajian ini tampak kental dengan sensasi rempah yang kuat bercampur dengan gurihnya kacang fava. Cukup mengenyangkan dijadikan hidangan pembuka. [*/ACH]

Ful Medames, Menu Berbuka Puasa Khas Mesir Dimitri

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , , , , ,


About the Author

Desainer, pengembang, dan administrator web di bagian Produksi divisi Iklan Harian Kompas.



Back to Top ↑