Artikel CPNS kuota terbanyak

Published on October 3rd, 2018 | by Kompas Klasika

CPNS 2018: Ini Dia 4 Lowongan dengan Kuota Terbanyak

Tahun ini, CPNS 2018 kembali dibuka. Apakah Anda sudah siap untuk bisa mendapatkan posisi idaman di pemerintahan? Tahun ini, lowongan CPNS akan semakin banyak. Tercatat, ada 238.015 formasi CPNS yang akan dibuka. Berikut ini beberapa lowongan CPNS kuota terbanyak.

Profesi menjadi pegawai negeri sipil memang masih menjadi dambaan bagi sebagian besar orang di negeri ini. Para orangtua pun juga memiliki mimpi yang sama pada anaknya. Namun, seperti diketahui, tidak mudah untuk bisa menjadi PNS. Jadi, tentu saja Anda harus melihat berapa kuota yang diberikan oleh pemerintah pada setiap departemen atau lembaga pemerintah.

Mengutip dari Kompas.com, tahun ini rekrutmen CPNS lebih diarahkan untuk peningkatan daya saing bangsa dengan prioritas di bidang pelayanan dasar, yakni pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Hal ini dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpa-RB RI) Asman Abnur melalui siaran persnya, Selasa (29/5/2018). Kebutuhan jabatan yang lebih teknis ini juga dimaksudkan untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar dan terdepan.

Saat ini jumlah PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional adalah 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana/administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 persen. Nah, bagaimana dengan formasi tahun ini?

Berikut ini adalah beberapa formasi yang dibuka dengan kuota terbanyak yang bisa Anda pilih dan masukkan lamarannya. Untuk pendaftaran, tahun ini pemerintah membuka dalam satu pintu, yaitu melalui https://sscn.bkn.go.id/. Seluruh informasi kuotanya juga bisa dilihat di situs yang sama.

Baca juga: https://karier.kompas.id/2018/10/02/syarat-pendaftaran-dan-pengumuman-cpns-kementerian-kesehatan-2018/

1.  Guru

Anda punya latar pendidikan sebagai guru? Berbahagialah, karena negara saat ini membutuhkan kemampuan dan kompetensi Anda. Tahun ini, profesi sebagai tenaga pendidik menjadi yang paling banyak dibutuhkan.

Dalam formasi CPNS 2018, ada kebutuhan 88.000 formasi untuk guru kelas dan mata pelajaran di pemerintah daerah (Pemda). Jumlah formasi untuk guru ini belum mencakup kebutuhan untuk guru madrasah di Kementerian Agama untuk kabupaten/kota yang mencapai 12.000 formasi.

Kebutuhan guru ini juga mencakup hal yang lebih spesifik, yaitu guru agama. Ada kebutuhan sekitar 8.000 tenaga pendidik untuk guru agama. Guru agama ini mencakup agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu.

Baca juga: https://karier.kompas.id/2018/09/08/semangat-guru/

2. Kedokteran dan tenaga medis

Di urutan selanjutnya, lowongan CPNS dengan kuota terbanyak selanjutnya adalah kebutuhan jabatan tenaga kesehatan untuk pemerintah daerah. Lowongan tenaga kesehatan di CPNS 2018 ini membuka formasi sebanyak 60.315 formasi. Tenaga kesehatan meliputi lowongan lain seperti dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis atau paramedis.

Seperti diketahui, kebutuhan dokter dan tenaga medis memang menjadi hal yang sangat krusial untuk daerah-daerah tertinggal dan terluar di Indonesia. Jadi, untuk Anda yang berjiwa nasionalis dan punya kemampuan medis, Negara memanggil untuk bergabung.

Baca juga: https://karier.kompas.id/2017/06/21/gaji-cepat-habis-perhatikan-tips-berikut/

3. Teknik

Formasi terbanyak yang dibuka di CPNS 2018 selanjutnya adalah tenaga teknis. Seperti diketahui, pemerintah saat ini memang sedang membangun beberapa daerah terkait infrastruktur. Jadi, bisa dikatakan, kebutuhan tenaga teknis yang mumpuni mutlak harus dipenuhi.

Tenaga teknis CPNS 2018 untuk formasi pelamar umum dibuka sebanyak 30.429 formasi. Jumlah ini akan merupakan kebutuhan secara keseluruhan baik untuk pemerintah pusat hingga pemerintah daerah.

Tidak hanya lulusan sarjana (S1) saja yang dibutuhkan, tetapi juga lulusan D3. Adapun jurusan yang dibutuhkan mencapai teknik sipil, teknik elektro, teknik arsitektur, teknik perkapalan, teknik pertambangan, dan teknik komputer.

Baca juga: https://karier.kompas.id/2017/07/25/peluang-potensial-kerja-di-bidang-finansial/

4. Dosen

Anda yang punya kemampuan khusus dan ingin menjadi pengajar juga bisa menjadikan dosen sebagai pilihan. Profesi dosen di CPNS 2018 juga mendapatkan porsi yang besar. Setidaknya, ada 14.454 formasi untuk posisi dosen yang dibutuhkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama pada tahun ini.

Kualifikasi menjadi dosen di sini artinya seorang pelamar posisi dosen ini harus sudah terkualifikasi, salah satunya melalui pendidikan tinggi program pascasarjana yang terakreditasi sesuai dengan bidang ilmunya. Dia juga diharuskan sudah lulus melalui sertifikasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi penyelenggara program pengadaan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah. [*/VTO]

Baca juga: https://karier.kompas.id/2017/11/02/kerja-sampingan-untuk-yang-masih-kuliah/

Foto Feature : Iklan Kompas/Arief Krestiono.

CPNS 2018: Ini Dia 4 Lowongan dengan Kuota Terbanyak Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags:


About the Author



Back to Top ↑