Artikel CPNS

Published on October 3rd, 2018 | by Kompas Klasika

CPNS 2018: Bocoran 5 Lowongan yang Jarang Diincar Pelamar

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah berjalan selama beberapa hari. Pendaftaran CPNS ini dilakukan secara daring melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu sscn.bkn.go.id.

Berdasarkan informasi dari akun resmi Twitter BKN @BKNgoid, hingga selasa (2/10/2018) pukul 16.00 WIB, sudah sebanyak 91.917 orang pelamar telah memilih instansi dan 25.296 orang pelamar telah diverifikasi oleh instansi.

Pelamar CPNS 2018 tahun didominasi oleh pelamar dengan latar belakang pendidikan dari Universitas Terbuka, sebanyak 20.856 orang. Di urutan kedua, Universitas Pendidikan Indonesia sebanyak 8.011 orang, dan Universitas Negeri Padang sebanyak 5.753 orang.

Baca juga: https://klasika.kompas.id/cpns-2018-ini-dia-4-lowongan-cpns-kuota-terbanyak/

Seperti diketahui, saat ini lowongan CPNS yang terbanyak kuotanya adalah untuk profesi guru dan tenaga pengajar. Tak heran, pelamar CPNS tahun ini didominasi pelamar dari program studi Pendidikan Guru SD, yaitu sebanyak 44.267 orang. Di bawah Pendidikan Guru SD, ada program studi Kebidanan dengan pelamar sebanyak 31.168 orang dan program studi Pendidikan Agama Islam sebanyak 26.902 orang.

Ratusan ribu pelamar tersebut akan memperebutkan 238.015 formasi yang memang dibuka pada CPNS tahun ini, baik untuk instansi pusat maupun daerah. Namun, tahukah Anda kalau ada posisi yang justru jarang dilihat atau diketahui orang banyak? Padahal beberapa di antaranya membuka kuota formasi yang besar.

1. Analis Apresiasi Karya Seni

Posisi ini dibuka untuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Posisi ini dibuka untuk Anda yang mempunyai latar belakang pendidikan Sarjana (S1) Seni, Teknik Sipil, Arsitektur, Planologi, Teknik Industri, Manajemen Desain, Desain Komunikasi Visual, Antropologi, Psikologi, Sosiologi, atau Sastra Inggris. Posisi ini dibuka dengan kuota sebanyak 13 formasi umum, 2 Cumlaude, dan 1 Disabilitas.

Posisi ini bisa dikatakan punya prospek yang bagus, karena Bekraf sendiri terus bekerja keras mendorong ekonomi kreatif. Dipastikan tahun depan, banyak event Bekraf yang akan berlangsung, baik di dalam atau di luar negeri. Nah, bagi Anda yang berlatar belakang pendidikan yang sama dengan kriteria itu dan menyukai dunia seni, segera daftar.

2. Polisi hutan

 

Posisi yang satu ini bisa dikatakan tidak terlalu populer bagi orang kebanyakan, apalagi untuk mahasiswa atau lulusan yang berasal dari kota besar. Namun, tahukah Anda bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) membuka formasi ini yang cukup besar.

Untuk Polisi Kehutanan Ahli Pertama dibutuhkan 70 orang untuk mengisi 64 formasi umum, 2 untuk Papua atau Papua Barat, dan 4 Cumlaude. Syaratnya, Anda harus memiliki latar belakang pendidikan S1 Kehutanan, Pertanian, Biologi, Teknik Lingkungan, atau Hukum.

Sementara untuk Polisi Kehutanan Pemula, Kementerian LHK membuka 79 formasi umum dan 3 Papua atau Papua Barat bagi Anda yang memiliki ijazah dari SMK Kehutanan atau pertanian.

3. Pengawal Tahanan atau Narapidana

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak pernah mengira kalau ada posisi ini di daftar lowongan CPNS. Tapi, memang lowongan ini dibuka oleh Kejaksaan Agung untuk Anda yang memiliki ijazah SMA atau sederajat. Kejaksaan Agung membuka lowongan ini untuk 309 orang. Bisa jadi, Kejaksaan Agung akan memperluas kinerjanya untuk menegakkan supremasi hukum di Indonesia. Apakah Anda cukup berani dan tertarik untuk mendaftar?

4. Operator Speedboat

Ya, Anda tidak salah baca. Mungkin terlihat membingungkan, tetapi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memang membuka lowongan ini. Sayangnya, formasi yang dibuka hanya 4 formasi umum dari total 329 formasi yang dibuka. Lowongan ini untuk penempatan Direktorat Jenderal Pengawasan dan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan. Bagi Anda yang memiliki ijazah D3 Teknologi Penangkapan Ikan, silakan daftarkan diri Anda.

5. Pelatih atau Pawang Hewan (Anjing Pelacak)

Foto-foto: Shutterstock

Badan Narkotika Nasional (BNN) membuka lowongan CPNS untuk mengisi jabatan atau posisi ini. Cukup unik memang kelihatannya. Namun, posisi ini menjadi penting untuk membantu tugas BNN menjalankan misinya.

BNN membuka 74 formasi umum untuk posisi ini dengan komposisi 70 formasi untuk laki-laki dan 4 formasi untuk perempuan. Jumlah formasi ini terbilang cukup besar karena BNN hanya membuka 220 formasi yang ditempatkan di 12 jabatan.

Anda yang memiliki ijazah SMA atau sederajat bisa mendaftarkan diri. Untuk BNN, pendaftarannya punya waktu yang lebih singkat. Kalau yang lain menetapkan penutupan hingga sampai 10 Oktober, BNN hanya membuka sampai 7 Oktober. [VTO]

Baca juga: https://klasika.kompas.id/cpns-2018-syarat-pendaftaran-cpns-kementerian-kesehatan-2018/

CPNS 2018: Bocoran 5 Lowongan yang Jarang Diincar Pelamar Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags:


About the Author



Back to Top ↑