Eksterior pompa air

Published on August 2nd, 2018 | by Kompas Klasika

3 Langkah Cermat Memilih Pompa Air untuk Rumah Anda

Salah satu perangkat perumahan yang penting tapi kerap dilupakan adalah pompa air. Padahal, pompa air yang baik justru menunjang kenyamanan tinggal di rumah. Oleh karena itu, kita tetap harus cermat memilih pompa air. Berikut ini adalah yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah pompa air.

1. Kedalaman pompa

Sebelum memilih atau membeli pompa air, ketahui dulu kedalaman yang diperlukan. Anda bisa bertanya pada tetangga untuk hal itu. Sebab, kedalaman berpengaruh kepada penggunaan listrik pompa dan untuk penyesuaian voltase di rumah Anda.

Pompa sumur dangkal berdaya listrik 125 atau 200 watt, sedangkan semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt. Tetapi bukan berarti pompa berdaya besar dapat menghisap lebih dalam tetapi memengaruhi kapasitas air atau volume air yang dikeluarkan pompa per jam. Tetapi apabila memilih jet pump, daya listrik yang besar memiliki daya hisap yang lebih dalam pula.

2. Jenis pompa

Setelah mengetahui kedalaman sumur dan voltase rumah, Anda sekarang bisa memilih jenis pompa. Untuk kedalaman permukaan air kurang dari 7 meter, pilihlah pompa sumur dangkal. Untuk kedalaman antara 7 – 9 meter sebaiknya memakai pompa sumur dangkal tipe semi jet pump. Sedangkan untuk kedalaman lebih dari 9 meter, sebaiknya menggunakan pompa air jenis jet pump.

Perhitungkan juga mengenai total head atau ketinggian air akan disalurkan. Daya dorong dipengaruhi berapa kedalaman hisapnya. Makin pendek daya hisap, daya dorong semakin jauh. Karena itu usahakan menempatkan mesin pompa dengan sumur serendah mungkin.

Pilih pompa yang motornya dilengkapi thermal protector atau circuit breaker. Fitur ini berfungsi memutus arus listrik bila beban pompa berlebihan sehingga pompa akan otomatis berhenti sehingga tidak terbakar. Pilihlah juga pompa bersuara halus karena pompa dengan suara yang kasar menandakan ada kejanggalan di dalam sistem pompa.

3. Anggaran

Beragamnya kemampuan dan merek pompa juga bisa menentukan harga sebuah pompa yang secara tidak langsung berimbas kepada kualitas pompa itu sendiri. Maka itu tentukan juga anggaran yang Anda miliki untuk membeli pompa karena pompa dipakai dalam waktu yang lama.  [VTO]

3 Langkah Cermat Memilih Pompa Air untuk Rumah Anda Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)


About the Author



Back to Top ↑