Ragam

Published on September 7th, 2017 | by Kompas Klasika

Cara Mudah Merawat Perhiasan

Selain menunjang penampilan, perhiasan juga dapat menjadi simbol status sosial seseorang sekaligus alat investasi. Begitu banyaknya fungsi perhiasan, tentunya harus diimbangi juga dengan perawatan yang tepat. Oleh sebab itu, berikut ini adalah kiat merawat perhiasaan sesuai dengan jenisnya.

Berlian

Perhiasan berlian seperti cincin atau anting memerlukan perawatan secara berkala paling tidak sekitar enam bulan sekali. Hal ini untuk menjaga agar kilaunya tetap terjaga. Nah, Anda dapat merawatnya di toko-toko berlian yang menyediakan jasa perawatan seperti ini.

Selain itu, Anda pun dapat melakukan sendiri dengan cara menyiapkan air hangat yang sudah ditetesi cairan pencuci piring. Caranya, celupkan perhiasan berlian Anda ke dalam cairan tersebut. Lalu, sikat secara lembut dengan menggunakan sikat gigi bekas. Hal ini berguna agar kotoran dapat terjangkau sampai ke dalamnya. Setelah disikat, keringkan dengan kain yang lembut.

Mutiara

Merawat perhiasan seperti mutiara agak berbeda perawatannya dengan berlian. Mutiara sangat rentang terhadap cairan yang mengandung zat kimia seperti, hairspray, nail polish, atau ammonia yang dapat merusak mutiara. Jadi, bersihkanlah mutiara Anda dengan kain yang lembut. Untuk  hasil yang maksimal, basahi kain dengan air sabun, peras dan seka mutiara secara searah. Lalu, keringkan dengan kain basah (tanpa air sabun).

Jangan lupa, cangkang perhiasan mutiara mudah sekali terlepas. Agar mutiara tidak terlepas sewaktu-waktu, sebaiknya sesekali Anda kencangkan kembali di ahli perhiasan. Selain itu, karena mutiara sangat rentan terhadap parfum dan cat kuku, selalu pasang perhiasan mutiara setelah Anda selesai berdandan.

Perak

Perhiasan dengan jenis perak juga perlu Anda rawat dengan tepat. Walaupun harganya tidak semahal berlian atau mutiara, tetap perlu Anda rawat agar tetap berkilau. Caranya, gunakanlah cairan pembersih khusus perak (tersedia di toko perhiasan).

Perak sangat mudah tergores, jadi hindari menggosok dengan kain lain selain kain khusus. Agar kilau perak tidak pudar, jauhkan dari cahaya dan udara. Bungkus dengan kertas kedap air, lalu masukkan ke dalam plastik dan simpan di tempat yang gelap.

Emas

Merawat perhiasan emas dapat Anda lakukan seperti merawat perhiasan berlian. Nah, setelah dibersihkan, sebaiknya simpan semua perhiasan Anda ke dalam kotak perhiasan agar lebih aman. [*/INO]

 

1 September 2012

Cara Mudah Merawat Perhiasan Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags:


About the Author



Back to Top ↑