Kesehatan

Published on September 20th, 2017 | by Kompas Klasika

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Menjaga kesehatan organ pernapasan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas dari polusi udara karena lingkungan yang bersih sangat memengaruhi nilai kesehatan yang terkandung dalam udara yang kita hirup. Bagaimana caranya?

Agar ruangan di dalam rumah tidak terasa pengap, ada baiknya jika Anda memperbanyak ventilasi udara di dalam ruangan. Maklum saja, fungsi ventilasi udara sangat penting dalam pertukaran udara di dalam ruangan.

Jika Anda sudah tinggal di dalam lingkungan yang sirkulasi udaranya sudah bagus dan terhindar dari polusi udara, bukan berarti tidak perlu lagi menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Selalu berolahraga dengan teratur merupakan anjuran yang sebaiknya dijalani karena akan memberikan efek positif pada lancarnya aliran darah sehingga nutrisi bagi sel-sel, jaringan, dan organ tubuh terpenuhi. Biasakan juga untuk melatih pernapasan agar paru-paru tidak kekurangan udara bersih untuk dialirkan pada seluruh jaringan tubuh.

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan atioksidan juga sangat disarankan. Antioksidan dipercaya sebagai penangkal radikal bebas yang manjur. Jangan lupa untuk tetap beristirahat yang cukup setiap harinya agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

Perhatikan juga pola hidup yang baik dengan tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan medis yang teratur untuk membantu mendeteksi kemungkinan adanya masalah paru-paru sejak awal. [AYA]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 15 April 2014

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑