Properti teknik stensil di interior rumah

Published on August 23rd, 2017 | by Kompas Klasika

Cara Menggunakan Teknik Stensil di Interior Rumah

Selain menawarkan banyak desain yang menarik dan unik, stensil cukup mudah dan praktis diaplikasikan pada dinding, khususnya untuk interior. Apa itu stensil? Bagaimana cara pengaplikasiannya di rumah?

Stensil adalah teknik seni yang menggunakan cetakan sebagai alat utamanya. Seni stensil termasuk salah satu cabang dari seni rupa. Penggunaan teknik stensil biasa memakai peralatan seperti pola kertas dan cat semprot. Stensil sendiri merupakan semacam lembaran material yang biasa digunakan untuk melapisi dinding di dalam rumah. Bahannya bisa berupa plastik, kertas, maupun bahan lain.

Pada awal perkembangannya, teknik stensil digunakan untuk keperluan sablon, tanda instansi, ataupun pelat kendaraan. Namun, keunikan pola-polanya membuatnya digunakan untuk keperluan properti, seperti mengecat dinding.

Pewarnaan dinding rumah dengan stensil sebenarnya bukan tradisi baru. Sejak lama, teknik ini sudah digunakan dan semakin berkembang dengan banyaknya muncul desain dan motif baru yang lebih modern.

Ada beberapa cara di mana Anda dapat menggunakan pola stensil. Kebanyakan orang menggunakan stensil di dinding. Namun, teknik ini juga bisa digunakan pada mebel, kaca seperti cermin dan jendela, dan kain. Cara paling umum menggunakan pola stensil adalah untuk menciptakan batas-batas di tepi dinding.

Dengan sedikit imajinasi, Anda dapat menghias seluruh dinding dengan stensil, menggunakan pola besar atau mengulang satu pola berulang-ulang. Pertimbangkan menggunakan stensil pada kain, meliputi kursi atau tirai, untuk menyepadankan motifnya dengan yang sudah ada di dinding.

Anda dapat menemukan pola stensil di toko-toko kerajinan, toko perbaikan rumah, dan tentu saja online. Jika Anda sedang mempertimbangkan sebuah proyek stensil, pastikan Anda tahu dan paham persis apa yang Anda inginkan untuk kamar atau ruangan lain yang ingin Anda kreasikan.

Mengutip The Gadget Flow, kini hadir patterned paint roller yang dapat memudahkan Anda mengecat ruangan. Alat ini menciptakan desain stensil yang indah pada dinding, kayu, furnitur, kain, kertas, tanah liat, dan keramik.

Cat langsung ke dinding dengan warna yang telah disesuaikan dengan selera untuk menciptakan ruang dengan desain yang berkarakter. Anda juga bisa melukis kertas polos dengan alat ini atau di atas kain bantal dan lainnya. Ciptakan furnitur dengan tampilan yang unik sekaligus modern. [*/ACH]

Foto Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 15 April 2016

Cara Menggunakan Teknik Stensil di Interior Rumah Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑