Otomotif cara membersihkan kaca mobil

Published on August 11th, 2017 | by Kompas Klasika

Cara Ini Bisa Membuat Kaca Mobil Lebih Bersih

Sekecil apa pun, kotoran yang menempel pada kaca haruslah segera dibersihkan. Apalagi air hujan, debu, dan zat kimia dari gas buang kendaraan bermotor yang menempel di kaca lama kelamaan akan mengkristal dan membuat kaca menjadi buram. Namun, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar kaca mobil lebih bersih.

Untuk mengusir semua kotoran ini, Anda bisa menggunakan produk-produk cairan pembersih yang banyak tersedia di pasaran. Namun, Anda tidak bisa sembarang memilih produk pembersih tersebut. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan mereka yang lebih paham untuk urusan yang satu ini. Jangan lupa setelah membeli, perhatikan dengan saksama petunjuk penggunaan yang tertera di produk tersebut.

Sangat dianjurkan untuk tidak membersihkan kaca –dan bagian mobil yang lain– di bawah sinar matahari langsung. Hal ini dimaksudkan karena titik air atau zat pembersih yang terkena sinar matahari justru akan merusak keindahan kaca. Jika langkah ini tidak memungkinkan, Anda bisa membersihkan kaca pada pagi (sebelum pukul 08.00) atau sore hari (setelah pukul 16.00–17.00) ketika matahari tidak terlampau terik.

Sebelum mulai membersihkan, siramlah kaca dengan air yang cukup agar debu dan kotoran yang kasar bisa tersapu. Kalau kotoran tersebut tidak dibersihkan terlebih dahulu dikhawatirkan akan menggores kaca saat Anda menggosok.

Gunakan kain yang lembut untuk menggosok, dan sebaiknya tuang/semprot cairan tersebut pada kain terlebih dahulu –jangan langsung di kaca– agar tidak menetes pada bagian mobil yang lain. Setelah itu gosoklah kaca perlahan dengan gerakan memutar, untuk kemudian diusap dengan kain yang baru sampai benar-benar kering.

Terakhir jangan lupa untuk memeriksa kondisi karet penyeka kaca (wiper). Jika sudah layak pakai segera ganti dengan yang baru. Demikian pula untuk mengisi tabung wiper dengan sampo khusus agar kebersihan kaca bisa tetap terjaga. Selamat mencoba. [ASP]

Foto Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 7 Desember 2016

Cara Ini Bisa Membuat Kaca Mobil Lebih Bersih Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑