Langgam buat toko online sendiri

Published on July 5th, 2017 | by Kompas Klasika

Buat Toko Daring dalam Hitungan Menit

Pertumbuhan gaya hidup berbelanja daring (online) setiap tahun trennya selalu naik. Maklum, semua orang kini ingin yang serbapraktis. Tak heran jika banyak orang yang mencoba wirausaha dengan cara membuka toko daring. Jika Anda tertarik membuat toko daring, berikut beberapa situs web yang menyediakan jasa tersebut.

Pada akhir 2016 lalu, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis data bahwa ada sekitar 132,7 juta penduduk Indonesia yang telah menggunakan internet dalam keseharian mereka.

Bagi pemilik toko daring, angka tersebut merupakan calon konsumen mereka. Oleh sebab itu, mereka berlomba-lomba membuat toko daring dengan desain dan fitur yang semenarik mungkin.

Salah satu startup penyedia layanan software-as-a-service (SaaS) dalam hal pembuatan situs web, yaitu Sirclo. Startup ini merupakan perusahaan teknologi e-dagang yang berdiri sejak 2013 di Singapura (Sirclo Pte Ltd) dan Jakarta (PT Lingkar Niaga Solusindo). Mereka menawarkan solusi e-dagang, mulai dari pembuatan situs web toko daring berbasis template maupun eksklusif berdasarkan permintaan.

Sirclo mengklaim membangun platform toko daring yang lebih dari sekadar pembuatan situs web biasa. Oleh karenanya, merek ternama di dunia offline seperti Wacoal dan Oatbits serta yang populer di ranah daring seperti ATS The Label dan Luna Habit termasuk di antara ratusan klien mereka. Tak hanya itu, startup besar seperti Sale Stock dan Livaza juga memulai bisnisnya bersama Sirclo.

Beberapa fitur yang ditawarkan Sirclo yaitu beragam template toko daring yang menarik, mobile friendly, pembayaran terintegrasi, kalkulasi ongkos kirim, hingga fitur marketing. Jika mau mencoba, Anda bisa membuat toko daring di Sirclo secara gratis. Paket ini disebut paket starter. Hanya dalam hitungan menit, Anda bisa memiliki toko daring sendiri.

Situs web kedua yang menawarkan jasa serupa, yaitu webpraktis.com. Webpraktis mengklaim telah menjangkau lebih dari 80 kota di Indonesia dan 3 negara di dunia. Sejak Maret 2014, terhitung ada lebih dari 2.000 situs web yang telah dibuat menggunakan jasa mereka.

Adapun keunggulan fitur webpraktis yaitu, dashboard CMS, mobile friendly, security SSL, payment gateway, pop up iklan, template desain, kupon diskon, keranjang belanja, statistik situs web, surel sesuai domain, chat daring, ongkos kirim, SEO Optimization, booking daring, pengaturan artikel, social media integration, banner iklan, subscriber, social media sharing, white label, dan dual bahasa. Jika ingin membuat toko daring di webpraktis, Anda bisa mencoba secara gratis selama 14 hari.

Situs web berikutnya yang menawarkan jasa pembuatan toko daring lainnya, yaitu Jarvis Store. Nama “Jarvis” tentu sudah tak asing bagi mereka penggemar film Iron Man. Layaknya Jarvis di film tersebut, Jarvis Store akan menjadi asisten Anda dalam pembuatan toko daring.

Jarvis Store memiliki beberapa fitur yang menarik, mulai dari sistem notifikasi, testimonial, diskon dan kupon, domain sendiri, SEO, group pelanggan, member dan reseller, menyimpan data, menulis artikel, tutorial, share social media, sertifikat SSL, unlimited bandwith, dan e-mail marketing. Jika tertarik membuat toko daring di Jarvis Store, Anda bisa langsung membuatnya mulai dari paket yang gratis. [INO]

 

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 4 Juli 2017

Foto dokumen Shutterstock.

Buat Toko Daring dalam Hitungan Menit Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , , , , ,


About the Author



Back to Top ↑