Musik BTS

Published on June 11th, 2018 | by Kompas Klasika

BTS, Bintang K-Pop Pertama yang Rajai Amerika Serikat

Tak mudah memuncaki tangga lagu Billboard, salah satu tolok ukur bergengsi bagi musisi dunia. Apalagi kalau berasal dari Asia. Namun, boyband asal Korea BTS berhasil melakukannya. Album ketiga mereka bertajuk Love Yourself : Tear berhasil bertengger di puncak tangga lagu Billboard 200.

Prestasi ini sekaligus menandai rekor pribadi baru BTS dan Korea Selatan. Sekadar catatan, pada tahun sebelumnya, boyband ini hanya bisa mengisi posisi ke-7 untuk tangga musik yang sama. Memuncaki tangga lagu Billboard berarti melampaui rekor yang sebelumnya pernah dicapai oleh Psy yang sukses membawa lagu “Gangnam Style” meraih posisi kedua di tangga lagu Billboard 100.

Pencapaian BTS tersebut didasarkan data Nielsen Music, Love Yourself : Tear meraih penjualan setara 135 ribu unit album di Amerika Serikat hingga 24 Mei lalu, dengan 100 ribu unit penjualan album tradisional yang langsung laris saat dirilis pertama kali. Album ini juga mendapatkan 39,1 juta kali streaming yang setara dengan 26 ribu unit album dan 9 ribu dari total penjualan per lagu.

Selain menjadi raja di Billboard, BTS memuncaki iTunes di seluruh dunia baik untuk album dan lagu. Lagu “Fake Love” sendiri telah ditetapkan menjadi video musik ketiga yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam setelah rilis di Youtube. Menurut laporan Billboard, sehari pasca-rilis album, video musik itu telah disaksikan 35,9 juta kali. Angka ini memang masih di bawah Psy dengan lagu “Gentleman” yang meraih 36 juta penonton dan Taylor Swift dengan “Look What You Made Me Do” dengan 43,2 juta kali.

Prestasi yang diraih BTS juga mendapatkan apresiasi khusus dari Presiden Korea Selatan Moon Jae In. Mengutip Kompas.com, melalui akun Twitternya @moonriver365 pada Senin (28/5), Moon mengucapkan selamat kepada tujuh pemuda yang mencintai musik dan kepada sayap mereka yang disebut ARMY.

“BTS memberikan ketulusan pada tarian dan lagu-lagunya. Mereka memiliki kemampuan mengubah kesedihan menjadi harapan, perbedaan menjadi persamaan,” papar Moon.

Kesuksesan album Love Yourself: Tear di Billboard 200 itu melengkapi prestasi lain yang telah ditorehkan BTS di Billboard sebelumnya. BTS pernah menerima penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards. [*/VTO]

Foto dokumen : bts.ibighit.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 5 Juni 2018

BTS, Bintang K-Pop Pertama yang Rajai Amerika Serikat Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , , ,


About the Author



Back to Top ↑