Touring motor menjadi aktivitas menyenangkan bagi penggiat otomotif roda dua. Touring adalah perjalanan menjelajahi  satu daerah ke daerah lain selama beberapa hari. Kegiatan ini bisa menjadi ajang keakraban antar-anggota komunitas sambil melakukan bakti sosial.

Jarak touring yang ditempuh bisa cukup jauh, bahkan bisa melintasi beberap provinsi Jika kini touring motor sering dilakukan beramai-ramai, dahulu ketika aksi ini pertama kali dilakukan hanya melibatkan seorang rider.

Namun, siapakah inisiator pertama kali touring motor di dunia? Dia adalah George Adams Wyman yang lahir di Oakland, California, AS, pada 3 Juli 1877. Pada 1903, untuk pertama kalinya di dunia, Wyman melakukan perjalanan seorang diri melintasi separuh AS dengan mengendarai sepeda motor.

Secara total, Wyman menempuh jarak lebih dari 3.800 mil atau lebih dari 6.000 kilometer menggunakan sepeda motor merek California Moto Bike. Perjalanan ini ia tuntaskan dalam waktu 51 hari.

Wyman tercatat meninggalkan San Francisco dari Lotta’s Fountain pada 16 Mei 1903 dan tiba di New York 50 hari sesudahnya. Medan yang dilalui beragam, mulai dari padang pasir, pegunungan, hingga rawa-rawa. Sebelum sampai tempat tujuan, sepeda motornya sudah mengalami kerusakan parah. Akhirnya, dia menyelesaikan rute dengan mengayuh motor layaknya sepeda sejauh 150 mil atau sekitar 240 kilometer.

buku harian touring motor Wyman
DOK WYMAN MEMORIAL PROJECT

Hal itu menakjubkan mengingat sepeda motor yang dikendarai Wyman tentu berbeda dengan produk masa kini. Karena pada dasarnya, California Motor Bike adalah sepeda onthel yang dipasangi mesin. Tenaga yang dihasilkan hanya 1,25 tenaga kuda untuk menaklukkan jalan semi-aspal dan tanah.

Touring motor yang dilakukan Wyman dianggap sensasional sebab pada 1903 badan transportasi AS lebih memilih memperbaiki sistem rel kereta api dibanding jalan raya. Aksinya kemudian mendorong gerakan pembangunan jalan raya antarkota agar lebih baik.

Baca juga: Pebalap-pebalap yang Pernah Berkarier di MotoGP dan WSBK

Buku Harian touring motor Wyman

Perjalanan Wyman ini diabadikannya melalui buku harian yang kemudian dipublikasi di majalah The Motorcycle pada 1903 secara periodik. Artikel perjalanan yang pertama kali diterbitkan berjudul “Over The Rockies And The Great Divide To The Prairies” dengan menceritakan bagian pertama perjalanan Wyman menyusuri Sierra Nevada melalui Gurun Nevada menuju Wyoming, kemudian Nebraska ke Illinois.

Pada 6 Juli 1903, Wyman tiba di New York, menyelesaikan perjalanannya dan berhasil menjadi orang pertama yang menyeberangi Amerika Utara dengan motor. Setelah itu, sepeda motor Wyman ditempatkan dan sempat dipamerkan di New York Motorcycle Club.

Setelah selesai istirahat dari perjalanan epiknya, Wyman hadir untuk peresmian organisasi sepeda motor nasional pertama di AS, the Federation of American Motorcyclists (FAM) di Kings County Wheelmens, Brooklyn.

Dilaporkan pada saat itu, tangannya masih diperban akibat dari perjalanan touring motornya yang panjang. Kemudian, California Motor Bike yang dipakainya dipajang di San Francisco, tepatnya di Golden Gate Park dalam rangka pameran khusus memperingati perjalanan yang dilakukan Wyman.

Meski yang dilakukannya sangat memengaruhi kehidupan “bermotor” saat ini, nama Wyman belum banyak dikenal publik. Oleh karena itu, sebuah komunitas kecil pengendara sepeda motor jarak jauh di AS memutuskan untuk melestarikan warisannya. Mereka adalah Wyman Memorial Project yang memiliki visi mengobarkan riding atau touring jarak jauh mengendarai sepeda motor dengan rute yang pernah dilintasi Wyman.

Beberapa kegiatan Wyman Memorial Project di antaranya mempublikasikan the George A Wyman Memorial Grand Tour yang berisikan “Points Along the Way” berupa panduan berkendara bagi para rider dan 160 waypoint dari Wyman’s 1903 route.

Mereka juga memberi kesempatan bagi para rider yang ingin menghormati Wyman dengan membuka touring dari titik start yang pernah dipilih Wyman, yakni di Lotta’s Fountain, San Francisco, California, dan berakhir di lokasi finis 1904 Broadway, New York City. Selain itu, juga mengunjungi makam Wyman di Mountain View Cemetery, Oakland, California.