Sistem penerangan kendaraan memiliki andil besar terhadap kenyamanan dan keselamatan berkendara, terlebih pada malam hari atau saat hujan turun, di mana visibilitas sedikit terganggu. Untuk itu, periksa komponen-komponen berikut ini agar sistem penerangan mobil Anda berfungsi optimal.

1. Bohlam dan batok lampu

Foto-foto; Shutterstock.com

Sebelum mulai berkendara, pastikan bohlam dan batok lampu berada dalam kondisi baik. Sebisa mungkin, gunakan bohlam dengan daya sesuai dengan ketentuan. Hindari menggunakan bohlam di atas daya (watt) yang dianjurkan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada batok lampu. Selain mengganggu kinerja sistem penerangan dan aki, bohlam yang tidak sesuai dapat mengganggu pengendara lain.

Jika batok lampu mobil Anda sudah mulai kusam, bawalah komponen tersebut ke tempat servis khusus pemeliharaan lampu kendaraan untuk mendapatkan penanganan khusus. Alternatif lain, Anda dapat memolesnya secara mandiri menggunakan cairan pemoles batok lampu yang dijual di toko teknik atau perlengkapan otomotif. Bacalah buku petunjuk terlebih dahulu agar hasil yang didapat lebih maksimal.

2. Sein dan lampu rem

Sebagai indikator ketika berbelok, lampu sein memiliki andil penting terhadap keselamaatan berkendara. Pastikan komponen ini bekerja dengan baik. Periksa satu persatu lampu sein yang ada pada mobil Anda sebelum tancap gas. Begitu pula lampu darurat (hazard), harus berfungsi normal saat kondisi darurat.

Sementara itu, untuk memastikan lampu rem bekerja normal, mintalah bantuan orang lain untuk melihat lampu yang berada di bagian belakang ini. Pastikan ketika pedal rem diinjak, lampu menyala terang sehingga dapat menginformasikan kepada pengendara di belakang bahwa Anda sedang mengurangi kecepatan.

3. Relay, sekring, kabel

Relay menjadi komponen pada sistem penerangan kendaraan. Alat ini berfungsi meningkatkan cahaya lampu sekaligus menstabilkan aliran listrik menuju bohlam. Oleh sebab itu, ketika melakukan servis rutin pada mobil kesayangan Anda, jangan lupa untuk turut mengecek komponen tersebut.

Pastikan pula sekring dalam kondisi baik dan mampu berfungsi menjadi pengaman rangkaian listrik jika terjadi hubungan arus pendek atau kelebihan muatan. Periksa semua sekring, baik yang berada di ruang mesin maupun yang di area bawah dasbor. Jangan lupa pula untuk mengecek kabel-kabel yang terdapat pada sistem penerangan agar aliran listrik berjalan normal dan terhindar dari korsleting.

Leave a Response