Setelah 2 minggu berturut-turut digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, tempat penyelenggaraan balapan MotoGP bergeser ke tanah Inggris Raya, tepatnya di Sirkuit Silverstone pada Minggu (29/8/2021). Sirkuit Silverstone pertama kali mengadakan ajang balapan sepeda motor bergengsi pada 1977 setelah sebelumnya sejak 1949 seri Inggris digelar di Sirkuit Isle of Man TT. Sempat dipindah ke Sirkuit Donnington Park dari 1987 hingga 2009, Sirkuit Silverstone kembali menggelar balapan MotoGP seri Inggris pada 2010. Selain itu, masih ada beberapa fakta menarik seputar Sirkuit Silverstone berikut ini.

18 tikungan

Berbeda dengan Sirkuit Red Bull Ring yang memiliki tikungan paling sedikit di antara sirkuit penyelenggara balapan MotoGP dengan 10 tikungan, Sirkuit Silverstone justru memiliki tantangan dengan 18 tikungan, yang terdiri atas 10 tikungan kanan dan 8 tikungan kiri. Sirkuit yang terletak di perdesaan Northamptonshire, Inggris, ini memiliki jarak 5,9 kilometer dan lebar 15 meter. Sementara itu, lintasan lurus terpanjang di Sirkuit Silverstone adalah 770 meter.

2 kali dibatalkan

Fakta menarik lainnya di Sirkuit Silverstone adalah cuaca yang tidak menentu yang membuat balapan semakin menantang, baik bagi pebalap maupun teknisi, terutama ketika menentukan ban untuk balapan. Bahkan, pada 2018, balapan MotoGP Seri Inggris di Sirkuit Silverstone dibatalkan karena terdapat genangan air di beberapa lintasan sirkuit yang tidak memungkinkan menggelar balapan. Sementara itu, pada 2020, balapan MotoGP Seri Inggris di Sirkuit Silverstone dibatalkan karena faktor pandemi Covid-19.

Sirkuit kebangkitan Suzuki

Sirkuit Silverstone bisa jadi merupakan favorit tim asal Jepang, Suzuki. Pada 2016, pebalap Suzuki saat itu Maverick Vinales finis di posisi pertama, mengungguli pebalap tuan rumah Cal Cruthlow dan pebalap legendaris asal Italia, Valentino Rossi. Kemenangan Vinales ini mengakhiri puasa kemenangan Suzuki setelah terakhir kali pada 2007, Chris Vermeulen finis terdepan di Sirkuit Le Mans, Perancis. Balapan terakhir di Sirkuit Silverstone pada 2019 juga membawa keberuntungan bagi tim Suzuki. Kali ini, Alex Rins berhasil finis pertama mengungguli Marc Marquez dan Vinales.

Rekor pebalap MotoGP di Sirkuit Silverstone

Sejak kembali menggelar MotoGP pada 2010, mantan pebalap MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo untuk sementara memegang rekor kemenangan terbanyak di Sirkuit Silverstone dengan 3 kali mencapai garis finis terdepan. Sementara itu, Casey Stoner, Marc Marquez, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Alex Rins masing-masing pernah menaiki 1 kali podium pertama di Sirkuit Silverstone. Catatan terbaik pebalap tuan rumah sejak 2010 diraih Cal Cruthlow pada 2016 yang berhasil finis di urutan kedua.

Fakta-fakta Menarik Sirkuit Silverstone
Fakta-fakta Menarik Sirkuit Silverstone

 

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Sirkuit Red Bull Ring

Fakta-fakta Menarik Sirkuit Assen

Fakta-fakta Menarik Sirkuit Catalunya

Fakta-fakta Menarik Sirkuit Mugello

Pebalap Bersaudara yang Pernah Berkiprah Bareng di MotoGP