Gol Federico Chiesa ke gawang Austria pada menit ke-95 pada babak 16 besar Piala Eropa 2020 menciptakan rekor unik, yaitu sebagai pasangan ayah dan anak yang pernah mencetak gol di turnamen sepak bola antarnegara Eropa tersebut. Pada Piala Eropa 1996, sang ayah, Enrico Chiesa, juga pernah mencetak gol untuk timnas Italia ke gawang Ceko ketika berlaga di babak penyisihan grup. Sebelumnya, Federico di Piala Eropa 2020 juga menyamai rekor sang ayah yang juga pernah bermain di Piala Eropa 1996. Ternyata, baik Federico maupun Enrico, memiliki beberapa kesamaan dan fakta menarik. Simak beberapa fakta menarik berikut ini seputar Enrico Chiesa dan Federico Chiesa, pasangan ayah dan anak yang bermain di Piala Eropa.

Gol di Piala Eropa

Meski tidak terlalu bersinar kala berkostum Gli Azzuri, Enrico Chiesa sempat merasakan 2 pertandingan di Piala Eropa 1996. Namun, salah satu gol dari total 7 gol Enrico bersama tim nasional Italia dicetak pada Piala Eropa yang digelar di Inggris tersebut. Enrico mencetak gol ke gawang Ceko yang dikawal Petr Kouba ketika Italia harus takluk di babak penyisihan grup C Piala Eropa 1996. Inggris juga menjadi negara keberuntungan bagi keluarga Chiesa. Selang 25 tahun dari gol Enrico di Stadion Anfield, giliran sang anak, Federico yang mencetak gol di Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley pada babak 16 besar. Federico berhasil mencetak gol pertama Italia ketika mengalahkan Austria dengan skor 2-1.

Keluarga pesepak bola dan Fiorentina

Federico Chiesa lahir di Genova, Italia, pada 25 Oktober 1997, ketika sang ayah, Enrico bermain di AC Parma. Selain ayahnya, Federico memiliki saudara kandung yang juga berprofesi sebagai pesepak bola, yaitu Lorenzo Chiesa. Saat ini, Lorenzo tergabung dalam tim yunior Fiorentina U-17. Ketiganya pun memiliki kesamaan, yaitu berposisi sebagai pemain depan dan pernah membela Fiorentina. Enrico sempat membela Fiorentina selama 3 musim yaitu 1999–2000, 2000–2001, dan 2001–2003. Sementara itu, Federico, sebelum membelot ke Juventus musim 2020–2021, merupakan alumnus Fiorentina primavera dan mencatatkan 153 pertandingan, 34 gol, dan 25 asis ketika membela La Viola.

Rekan setim Buffon   

Kiper kawakan Italia Gianluigi Buffon layak mendapat predikat sebagai satu kiper dua generasi karena mampu menjadi rekan bagi dua generasi pemain dalam satu keluarga. Buffon pernah menjadi rekan setim Enrico ketika keduanya bermain di AC Parma. Pada musim lalu, Buffon menjadi partner seklub Federico ketika keduanya bermain di Juventus. Fakta menarik lainnya, Buffon meraih gelar Coppa Italia 1998–1999 ketika bermain bersama Enrico dan juara Coppa Italia 2020–2021 ketika bermain bersama Federico.

 

Enrico Chiesa dan Federico Chiesa, Pasangan Ayah dan Anak yang Bermain di Piala Eropa

Baca juga Lilian Thuram dan Marcus Thuram, Pasangan Ayah dan Anak yang Bermain di Piala Eropa

Danny Blind dan Daley Blind, Pasangan Ayah dan Anak yang Bermain di Piala Eropa

Lautaro Martinez, Asa Baru Timnas Argentina