Bagaimana jika sebuah buku berisi ulasan-ulasan buku? By the Book, inilah jawabannya.

Menulis, juga membaca, adalah pengalaman personal. Dalam buku By The Book yang disusun Pamela Paul, kita diberi ruang untuk mengintip pengalaman membaca para penulis kondang. Buku-buku yang berpengaruh untuk mereka, penulis favorit, tempat dan waktu ideal untuk membaca, dan lain-lain.

Dalam buku setebal 344 halaman ini, Pamela Paul mengajak kita menyelami kehidupan para penulis dengan cakupan latar belakang yang luas. Memuat mewawancara dengan 65 orang, By The Book menyajikan jangkauan besar luas pengalaman dan pengamatan yang mampu memperdalam pengetahuan dan kemampuan literasi pembacanya. Jawaban dari rangkaian pertanyaan yang dilemparkan kepada novelis, seniman, sampai sejarawan tersohor, membawa kita ke dunia penulis yang direfleksikan melalui referensi dan rekomendasi bacaan mereka. By The Book dapat dikatakan wadah bagi orang-orang tersebut untuk mengungkapkan kekaguman terhadap penulis dan karya-karya lain.

JK Rowling, misalnya. Penulis Harry Potter yang tersohor itu, jika memiliki kesempatan untuk bertemu dengan penulis mana pun, akan bahagia bertemu Charles Dickens. Atau Dan Brown, yang membuat karya fenomenal The Da Vinci Code, berencana membaca karya Malcolm Gladwell, David and Goliath.

Melalui By The Book, kita dapat merasa lebih intim dengan penulis-penulis ini sebab bisa membaca sekelumit pemikiran mereka tentang buku-buku dan penulis lain. Hal ini jugalah yang memotivasi Pamela Paul untuk mewawancarai para penulis ini. Editor rubrik Book Review di The New York Times ini ingin tahu apa yang dibaca seorang penulis yang baik pada waktu senggangnya.

FOTO-FOTO: IKLAN KOMPAS/IWAN ANDRYANTO.

Sebelum bergabung dengan Times, Pamela Paul adalah kontributor majalah Times dan The Economist, dan karyanya telah muncul di The Atlantic, The Washington Post, dan Vogue. Dia dan keluarganya tinggal di New York. Buku ini bukanlah buku pertama yang ia terbitkan. Ia meluncurkan The Starter Marriage and the Future of Matrimony pada 2003 dan Parenting. Inc pada 2009. By the Book sendiri terbit tahun 2015.

Dengan banyaknya wawacara yang dituangkan, bisa jadi buku ini terasa menjemukan. Pertanyaan yang repetitif dan banyaknya percakapan yang ditranskripkan di sini bisa jadi membuat orang kehilangan minat untuk membaca lebih jauh. Upaya Pamela Paul untuk meramu wawancara yang banyak dengan pertanyaan yang sama tentu akan sulit untuk dibuat tidak membosankan.

Tapi, jika Anda tergelitik mencari judul-judul buku baru untuk dibaca, buku ini dapat jadi pilihan. Terutama, jika di dalamnya Anda bisa menemukan penulis kegemaran. Mengetahui buku yang direkomendasikan oleh penulis tersohor tentu menarikz. Dengan membaca buku ini, Anda dapat menambah daftar buku untuk dibaca atau dimiliki, sebuah inspirasi bahwa selalu ada buku baru dan penulis hebat untuk dijelajahi. [YOM/Litbang Kompas]/[NOV]

By the Book

Penulis : Pamela Paul

Penerbit  : Picador

Tahun terbit    : 2015

Review overview

Overall6

Summary

6

Leave a Response