Sudah merencanakan menu untuk berbuka puasa bareng keluarga atau teman? Nah, ini saatnya mengeksplorasi kuliner khas Nusantara yang sudah terkenal sejak zaman dahulu.

Biar lebih variatif, selama sebulan ke depan, kamu bisa mencari resep sajian-sajian lezat dari seluruh Indonesia yang oke untuk berbuka puasa. Kamu bisa mulai mencoba kekhasan kuliner dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Makassar ibarat pintu gerbang menuju kawasan Indonesia bagian timur. Sejak zaman Kerajaan Gowa-Tallo, kota pelabuhan ini telah menjadi “dermaga” utama dalam jalur perdagangan menuju Indonesia Timur.

Seperti kawasan pesisir lainnya, kuliner Makassar menyuguhkan beragam hidangan laut. Ikan dan hasil laut lainnya cukup baik untuk memenuhi kebutuhan gizi kita. Makanan laut bermanfaat untuk mencegah radang sendi, meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi jantung, hingga menjaga kesehatan mata.

Nah, ini dia makanan khas Makassar yang bisa kamu nikmati untuk berbuka puasa. Juga untuk hari raya nanti.

Otak-otak

Otak-otak ikan memang banyak dijajakan di kota-kota selain Makassar. Namun, otak-otak ikan khas Makassar ukurannya lebih besar. Adonannya terasa lembut dan rasa gurih ikan tenggirinya terasa di tiap gigitan.

Otak-otak ikan ini biasa disajikan sebagai “makanan ringan” di berbagai restoran seafood Makassar. Kamu pun bisa membawa otak-otak ini sebagai oleh-oleh sepulang dari Makassar. Mantap, kan.

Ikan bakar parape

Salah satu ikon makanan berbahan ikan adalah ikan bakar parape. Dibakar hampir tanpa bumbu, daging ikan terasa begitu segar dan gurih. Rahasia kelezatan masakan ini adalah kesegaran ikan lautnya. Jadi, kalau mau mencoba memasak sendiri, kamu harus menggunakan ikan yang benar-benar segar. Jangan lupa saus parape yang rasanya pedas-manis akan menambah kenikmatan buka puasamu.

Konro

Selain hasil laut, makanan dari Makasaar yang sangat terkenal adalah konro. Masakan ini menggunakan daging iga sapi yang dihidangkan dengan potongan besar.

Tak usah segan memegang langsung potongan daging iga yang besar itu demi merasakan kelezatan setiap gigitan. Ada dua cara memasak konro. Secara tradisional tak lain adalah sup konro dengan kuah segar paduan jahe, lengkuas, kayu manis, dan cengkeh. Sedangkan versi modernnya, dimasak dengan cara dibakar lalu dipadu bumbu kacang dan kuah sup.

Semuanya sedap. Konro biasa disantap bersama burasa atau ketupat. Kalau kamu sedang mengunjungi Makassar, wajib menyantap konro di daerah asalnya.

Coto Makassar

Coto Makassar masih dalam satu khasanah sup yang punya banyak variasi di tiap daerah di Indonesia. Biasanya coto menggunakan daging sapi atau kerbau. Konon, dulunya coto adalah makanan kaum bangsawan. Sekarang, coto bisa dinikmati siapa saja. Kamu juga bisa menemukan beragam resep coto di internet.

Pallubasa

Makanan yang satu ini jangan sampai dilupakan. Pallubasa menawarkan kenikmatan bersantap hidangan hangat dalam racikan kuah yang segar. Gore kaluku atau kelapa goreng dan kuning telur ayam kampung memperkaya rasa gurih dari potongan daging sapi atau kerbau. Enak sekali.

Masih ada banyak hidangan yang perlu dicoba. Pastikan salah satunya bisa menemanimu bersama keluarga saat berbuka puasa. Ingat, selalu jalankan protokol kesehatan, ya. [*]