Membekukan adalah salah satu cara paling mudah untuk mengawetkan makanan. Namun, jika terlalu lama disimpan, tekstur dan rasanya juga berubah. Untuk menghindari hal itu, ketahuilah usia simpan makanan beku.

Makanan beku mungkin memang tak akan busuk. Namun, apakah itu berarti daging ayam mentah yang kamu beli akan terasa sama enaknya setahun lagi dibandingkan tiga minggu dari pembelian? Tidak. Meski mungkin daging itu aman untuk tubuh, rasa dan teksturnya akan berbeda.

Kunci menyimpan makanan beku adalah mengetahui berapa lama jenis makanan tertentu tahan disimpan di dalam lemari pembeku. Selain itu, pastikan semua wadah atau plastik makanan diberi label tanggal dimasukkan ke lemari pembeku. Untuk memudahkanmu mengecek ketahanan makanan beku, panduan ini bisa diikuti.

Daging mentah

  • Daging giling, kambing, atau sapi dapat disimpan dalam 3 sampai 4 bulan untuk rasa dan tekstur terbaik.
  • Daging potong bisa dibekukan dalam 4 hingga 12 bulan, tergantung besar potongannya. Semakin kecil potongannya, semakin rendah daya tahannya. Sementara itu, semakin utuh atau semakin besar potongan daging, kian panjang pula usia simpannya.
  • Unggas utuh dapat disimpan selama setahun. Potongan-potongan daging unggas masih baik sampai sembilan bulan.
  • Ikan, untuk kualitas optimumnya, sebaiknya dikonsumsi dalam 2 sampai 3 bulan.

Buah-buahan dan sayuran

Kamu bisa membekukan hampir semua jenis sayuran dan buah-buahan sampai 12 bulan. Akan lebih baik jika sayuran direbus kilat dulu sebelum dibekukan (blanch). Ini akan menghentikan proses enzimnya sehingga level nutrisi tetap optimal dan warna sayuran tetap menarik.

Untuk buah, perlu dicatat bahwa teksturnya akan berubah jika dimasukkan ke lemari pembeku. Oleh karena itu, disarankan menyimpan buah-buahan di dalam lemari pembeku hanya jika kamu mau mengolahnya sebagai jus, sorbet, atau memasaknya, bukan untuk dinikmati sebagai buah potong.

Makanan jadi

  • Sup atau makanan yang mengandung daging, biji-bijian, pasta, atau keju akan bertahan kualitasnya selama dua sampai tiga bulan di dalam lemari pembeku.
  • Daging yang sudah dimasak bisa dikonsumsi dalam 2 sampai 6 bulan untuk kualitas optimum.