Bagi masyarakat Indonesia yang sering hidup dalam kebersamaan, lingkungan keluarga dan teman dekat merupakan sumber dukungan emosional yang penting. Hal ini semakin terasa ketika harus bepergian ke luar negeri untuk menempuh studi. Mereka harus berpisah dengan orang-orang yang disayangi yang tak jarang dapat menyebabkan rasa kesepian dan rindu rumah (homesick). Nah, berikut ini, rekomendasi 5 universitas terbaik Asia Tenggara versi Webometrics yang cocok untuk kamu yang gampang mengalami homesick dan tak bisa jauh dari Indonesia.

  1. National University of Singapore (NUS)

Rekomendasi yang pertama adalah National University of Singapore (NUS). Mengutip situs Webometrics, universitas ini bertengger di posisi puncak sebagai universitas terbaik di Asia Tenggara dan berada di posisi ke-44 dunia. Dengan dukungan jaringan alumni yang luas dengan lebih dari 210.000 lulusan dan lebih dari 2.196 staf akademik terbaik, NUS aktif dalam penelitian dan inovasi di berbagai bidang. Berlokasi di 21 Lower Kent Ridge Road, Singapura, NUS relatif mudah dijangkau dari Indonesia. Bahkan, kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Denpasar, dan Manado memiliki penerbangan langsung menuju Singapura.

  1. Nanyang Technological University (NTU)

Rekomendasi universitas terbaik di Asia Tenggara selanjutnya adalah Nanyang Technological University (NTU). Menurut Webometrics, NTU berada di posisi ke-89 dunia dan ke-2 Asia Tenggara. NTU yang berlokasi di  50 Nanyang Avenue, Singapura, ini memiliki kampus yang indah dan modern dengan jumlah mahasiswa internasional yang cukup banyak. Mahasiswa memiliki banyak pilihan kesempatan penelitian dan konsultasi karier. Selain itu, NTU menjanjikan program beasiswa Nanyang diberikan kepada mahasiswa baru dari berbagai kebangsaan yang berprestasi akademis, memiliki potensi kepemimpinan, dan rekam jejak ekstrakurikuler yang luar biasa. Sama seperti NUS, NTU juga relatif dekat dijangkau masyarakat Indonesia.

  1. University of Malaya (UM)

Rekomendasi universitas terbaik asia Tenggara yang ketiga adalah University of Malaya (UM). Di Webometrics, UM berada di peringkat ke-306 dunia dan ke-3 terbaik di Asia Tenggara. Universitas tertua di Malaysia dan memiliki reputasi yang tepercaya ini menawarkan berbagai program studi yang relevan dan berkualitas. Terletak di Kuala Lumpur, Malaysia, UM relatif cocok untuk mahasiswa asal Indonesia karena kedekatan kultur. Kuala Lumpur juga dekat dengan dengan Indonesia dan bisa dijangkau dengan penerbangan langsung dari Jakarta, Batam, Medan, Denpasar, dan Surabaya.

Baca juga: Catat! Ini 5 Strategi Dapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

  1. Chulalongkorn University

Rekomendasi universitas terbaik Asia Tenggara yang keempat adalah Chulalongkorn University. Mengacu Webometrics, Chulalongkorn University adalah salah satu universitas terkemuka di Thailand. Chulalongkorn University memiliki peringkat ke-416 dunia dan ke-4 Asia Tenggara. Universitas yang berlokasi di ibu kota Thailand, Bangkok, ini menawarkan program studi dalam bahasa Inggris dan memiliki mahasiswa dari berbagai negara. Berlokasi di Bangkok, Chulalongkorn University juga bisa dengan mudah dijangkau dari beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta dan Denpasar.

  1. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

Rekomendasi universitas terbaik Asia Tenggara yang kelima adalah Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Berdasarkan  Webometrics, UTM memiliki peringkat ke-443 dunia dan ke-5 Asia Tenggara. UTM dikenal karena keunggulannya dalam bidang teknik dan teknologi. Terletak di Johor Bahru, Malaysia, UTM memiliki akses dekat ke Indonesia dan Singapura.

Lima universitas terbaik Asia Tenggara ini menawarkan peluang belajar yang luar biasa dan memberikan pengalaman akademis yang berharga bagi mahasiswa asal Indonesia. Selamat memilih universitas yang sesuai dengan minat dan tujuan karier kamu!