Mobil hibrida atau hybrid merupakan salah satu inovasi yang masih terbilang baru di dunia otomotif. Ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar menjadi andalannya. Agar semua ini dapat diraih dan hasilnya lebih optimal, ada sejumlah upaya yang harus diperhatikan oleh pengemudi.

Berikut ini, lima tips agar mobil hybrid memberikan efisiensi maksimal.

1. Jaga kecepatan

Sama seperti kendaraan bermotor pada umumnya, efisiensi bahan bakar mobil hybrid turut dipengaruhi oleh kecepatan. Jagalah kecepatan mobil tetap stabil dan hindari mengerem atau berakselerasi secara mendadak. Jangan lupa, rencanakan perjalanan terlebih dahulu sebelum tancap gas. Dan tak kalah penting, pastikan tekanan ban sesuai rekomendasi produsen.

2. Pahami panel instrumen

Pahami semua panel instrumen yang ada di dasbor untuk mengetahui informasi penting yang disajikan.

Pahami semua panel instrumen pada mobil hybrid, termasuk yang terdapat pada dasbor. Melalui panel instrumen tersebut kita dapat mengetahui seberapa banyak energi yang dibutuhkan selama perjalanan.

3. Aktifkan mode EV

Ada beberapa mode berkendara pada mobil hybrid, di antaranya sport, ECO, dan EV. Aktifkan mode EV dan iringi gaya berkendara dengan lembut tanpa berakselerasi secara spontan. Dengan mode EV, mesin akan bekerja dengan menggunakan motor listrik sehingga mesin bensin dinonaktifkan.

4. Manfaatkan fitur cruise control

Manfaatkan fitur cruise control untuk menjaga kecepatan mobil tetap stabil tanpa kaki harus menginjak pedal gas terus-menerus. Selain tidak mudah lelah, dengan fitur ini mesin dapat beroperasi secara natural. Namun, pastikan kondisi jalan lancar dan bebas hambatan.

5. Minimalkan menggeser tuas ke posisi “N”

Bila terjebak di tengah kemacetan atau Anda sedang berhenti di lampu merah, upayakan untuk tidak menempatkan tuas persneling pada posisi “N” atau netral. Meletakkan tuas pada posisi “N’ akan membuat sistem tidak dapat menghasilkan listrik sehingga baterai akan cepat habis. Untuk itu, tetaplah dengan menginjak rem selama berhenti di lampu merah atau di kemacetan.