Belanja daring (online) kini kian marak. Jika kamu sering melakukannya, pastikanlah untuk berbelanja dan bertransaksi dengan aman.

Belanja online memang membuat keseharian jadi lebih mudah. Tanpa harus pergi ke toko atau pasar, kita bisa langsung mencari barang yang diinginkan, membandingkan harga, dan mempelajari ulasan-ulasan pembeli lain. Barang pun langsung dikirim di rumah.

Namun, berbelanja daring lebih dari sekadar mendapatkan harga yang bagus. Kamu juga perlu memastikan kualitasnya seperti yang kamu harapkan, ada garansi yang menjamin pembelianmu, dan barang dikirim tepat waktu. Kamu juga perlu memastikan penjual tepercaya dan sistem pembayaran yang digunakan aman. Beberapa tips ini dapat membantumu untuk berbelanja online dengan lebih aman.

1. Pelajari profil dan reputasi penjual

Ada banyak penjual di market place. Pelajari terlebih dahulu profilnya dari deskripsi tentang penjual dan ulasan-ulasan pembeli lain soal pelayanan toko. Kamu juga bisa menyaringnya lewat filter yang tersedia di aplikasi. Apabila banyak ulasan positif yang konsisten dari pembeli-pembeli lain, kamu bisa lebih yakin penjual atau toko tersebut tepercaya.

2. Waspada terhadap harga yang terlalu murah ketika belanja online

Harga yang terlalu murah atau jauh di bawah harga pasaran patut dicurigai. Bisa jadi produk tersebut palsu atau diperoleh secara ilegal. Beberapa produk memungkinkan pembeli untuk mengecek keaslian barang dengan barcode atau QR code. Cek apakah ada pembeli lain yang sudah memeriksanya dari ulasan-ulasan yang diberikan.

3. Hindari market place yang meminta terlalu banyak informasi di luar kepentingan penjualan

Beberapa data memang krusial untuk penjualan dan pengiriman barang. Data tentang metode pembayaran, alamat pengiriman, nomor telepon, dan alamat email adalah data yang lazim untuk di-input.

Namun, curigai apabila market place meminta data lain seperti informasi rekening. Beberapa perusahaan juga menanyakan informasi soal hal-hal atau barang-barang yang kita minati, tetapi biasanya ini opsional dan kita bisa memilih untuk tidak memberikan informasi ini.

Nah, apakah market place akan menjual kembali atau membagikan informasi tentangmu kepada pihak lain? Cek aturan soal privasi dari perusahaan ini untuk mengetahui bagaimana data tentang pengguna akan dikelola. Pilih perusahaan yang menghormati privasimu dan tidak membagikan data ke pihak lain.

4. Gunakan kata sandi yang unik

Untuk membuat akun, biasanya kita membutuhkan kata sandi atau password. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk meminimalisasi kemungkinan peretasan.

5. Lakukan transaksi belanja daring dari koneksi yang aman

Kalau komputer atau gawaimu tidak terproteksi dari perangkat lunak yang berbahaya, informasi finansial dan kata sandi berisiko dicuri. Oleh karena itu, gunakan koneksi yang aman dan pastikan firewall komputer aktif. Jika kamu berbelanja daring menggunakan jaringan nirkabel (wireless), pastikan bahwa ini sudah terenkripsi sehingga informasimu tetap aman.

 

Baca juga:

5 Tips Menggunakan Gawai dengan Lebih Ramah Lingkungan

5 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Lindungi Data Saat Berbelanja Online

 

Infografik Belanja Online