Mobil berkendara pada malam hari

Published on March 1st, 2018 | by Kompas Klasika

Aman Berkendara dengan Mobil pada Malam Hari

Akhir pekan segera tiba. Waktunya untuk kembali bercengkerama dengan keluarga, setelah sepekan penuh disibukkan berbagai aktivitas. Barangkali ada yang sudah berencana untuk berakhir pekan di luar kota menggunakan mobil pribadi. Agar nyaman, sejumlah orang lebih suka berkendara mobil di malam hari karena jalanan lebih lengang dan udara lebih bersahabat.

Sayangnya banyak yang terlena dengan kondisi tersebut dan melalaikan faktor keselamatan. Faktanya, angka kecelakaan lalu lintas di malam hari terhitung cukup tinggi. Oleh karena itu, hal-hal berikut ini penting untuk diperhatikan terutama bagi Anda yang sering atau berencana bepergian saat matahari tenggelam.

Perhatikan pencahayaan

Pertama, perhatikan semua faktor pencahayaan mobil. Pastikan kondisi semua lampu pada mobil Anda seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein dapat berfungsi dengan baik. Hindari menggunakan lampu utama yang terlalu silau karena membahayakan pengemudi lain, kecuali pada saat-saat tertentu. Untuk mendapatkan penglihatan yang maksimal, Anda perlu meluruskan arah sorot lampu utama dengan meminta bantuan teknisi bengkel jika tidak mampu mengerjakan sendiri.

Jika diperlukan, pasang instalasi lampu rem tambahan seperti high-mounted brake lamp atau ganti bohlam konvensional mobil Anda dengan lampu halogen atau high Intensity Discharge (HID) yang lebih terang. Jangan lupa manfaatkan lampu kabut mobil saat cuaca tidak bersahabat.

Jaga kebersihan kaca mobil

Kedua, jaga kebersihan mobil. Contohnya, membersihkan kaca mobil yang kotor secara teratur dapat meningkatkan kemampuan pandang mata. Selalu simpan pembersih kaca dan lap di mobil sebagai antisipasi saat tiba-tiba dibutuhkan.

Ketiga, persiapkan diri dan kondisi tubuh dengan baik. Hindari mengonsumsi obat atau minuman beralkohol saat menyetir. Anda juga sebaiknya tidak merokok karena asapnya dapat menghalangi pandangan mata. Kurangi kelelahan mata saat menyetir dengan sesekali menikmati pemandangan sekitar. Selalu waspada dengan memperhitungkan jarak dan kecepatan mobil Anda dengan mobil lainnya. Kondisi malam hari yang gelap berbahaya bila Anda berkendara dengan kecepatan tinggi dan jarak terlalu dekat dengan kendaraan lain.

Siaga kemungkinan mogok

Keempat, Anda harus senantiasa siaga pada kemungkinan mogoknya mobil di tengah perjalanan. Berhenti di tempat yang aman, segera pasang segitiga pengaman, dan buat kendaraan Anda terlihat. Saatnya melengkapi perjalanan malam Anda bukan hanya dari segi kenyamanan, tapi juga keselamatan.  [*/ACA]

Foto dokumen Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 14 Juli 2017

Aman Berkendara dengan Mobil pada Malam Hari Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑