Tips

Published on January 30th, 2018 | by Kompas Klasika

7 Jenis Wisata yang Perlu Anda Ketahui

Sambil bersenang-senang, tak ada salahnya pula kita juga mengamati keadaan sosial tempat tujuan. Misalnya, bagaimana perilaku warganya dalam berlalu lintas, kebersihan kota, dan kelengkapan fasilitas kota. Konon, maju tidaknya peradaban suatu masyarakat dapat dilihat dari setidaknya ketiga aspek tadi. Ini tentu menjadi tambahan cerita mengasyikkan untuk dibagi kepada teman-teman kelak.

Jika memutuskan pergi berlibur, perhatikan beberapa jenisnya agar tujuan kita berwisata tercapai. Pertama yaitu pelesir (pleasure tourism) yang digelar untuk membunuh kepenatan akibat rutinitas sehari-hari. Pelesir ini mirip dengan rekreasi yang bertujuan untuk memulihkan kesegaran jasmani dan rohani.

Kedua yaitu wisata budaya (culture tourism) yang dilakukan untuk mengetahui adat-istiadat, sejarah, budaya, maupun acara keagamaan suatu bangsa atau suku. Ketiga yaitu wisata petualangan (adventure tourism) yang diadakan di alam terbuka untuk melatih ketangkasan jasmani dan menyegarkan rohani. Wisata ini jelas memiliki risiko dan membutuhkan pemandu yang berpengalaman.

Keempat yaitu wisata olahraga (sport tourism) yang digelar untuk melatih atau melakukan uji ketangkasan fisik. Wisata ini bisa juga ditempuh dengan mengikuti pertandingan olahraga di dalam maupun luar negeri.

Kelima yaitu untuk pelajar atau pebisnis dapat mengikuti wisata belajar/bisnis (study/bussiness tourism). Wisata ini bertujuan untuk melakukan studi kelayakan atas suatu obyek atau badan usaha yang terdapat di daerah atau negara lain. Selepas perjalanan, peserta wisata biasanya diwajibkan membuat laporan tertulis atas segala hal yang ditemukan selama perjalanan.

Keenam yaitu pelajar atau pebisnis juga bisa mengadakan wisata konvensi (convention tourism) yang dimaksudkan untuk menghadiri suatu seminar, konferensi, atau pameran, yang jika terdapat waktu luang dapat diisi dengan kegiatan jalan-jalan.

Ketujuh yaitu special interest tourism yang bentuk aktivitasnya seperti terjun payung, gantole, atau panjat tebing. Wisata jenis ini jumlah pesertanya terbatas dan mensyaratkan adanya kemampuan khusus. [*/TYS]

Foto dokumen Shutterstock.com

7 Jenis Wisata yang Perlu Anda Ketahui Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑