Properti partisi rumah

Published on March 16th, 2018 | by Kompas Klasika

0

7 Jenis Partisi yang Bisa Membuat Rumah Sempit Terkesan Luas

Partisi bisa dijadikan salah satu solusi untuk menyiasati rumah dengan lahan terbatas. Selain berfungsi sebagai pembatas nonpermanen, partisi membantu Anda menghias rumah. Nah, berikut ini beberapa jenis partisi berdasarkan ragam materialnya.

Pertama, partisi yang terbuat dari kayu. Jenis partisi ini bisa didesain dengan konsep lemari geser, lemari televisi, atau rak pajangan. Keuntungan dari partisi dengan material kayu adalah dapat dipadukan dengan bahan lain, seperti batu, akrilik, dan besi.

Kedua, partisi yang terbuat dari kain tenun. Partisi ini termasuk jenis partisi semitransparan karena secara fisik ruang gerak dibatasi, tetapi hubungan audio dan visual masih bisa terjadi. Partisi berbahan kain tenun bisa menjadi pembatas sekaligus aksesori interior.

Ketiga, partisi yang terbuat dari kaca. Partisi jenis ini biasa digunakan di ruangan khusus, seperti kamar mandi atau ruangan yang berunsur modern. Salah satu keuntungan partisi jenis ini adalah mudah dibersihkan.

Keempat, partisi yang terbuat dari bahan alami. Seiring dengan perkembangan arsitektur, bahan-bahan alami, seperti bambu, akar-akaran, atau ranting kerap kali digunakan sebagai bahan partisi. Selain berfungsi sebagai pembatas ruang gerak, partisi jenis ini lebih bersifat artistik. Bahan ini juga sering dipakai untuk mengimbangi unsur modern yang terkesan kaku.

Kelima, partisi yang terbuat dari tanaman. Partisi jenis ini dipilih mereka yang ingin menciptakan kesan natural dalam ruangan. Untuk memudahkan, pilihlah tanaman yang tak perlu banyak perawatan, misalnya tanaman yang tumbuh pada bebatuan atau pasir.

Keenam, partisi yang terbuat dari rotan. Rotan adalah material yang kuat dan sama menariknya dengan kayu. Material rotan sangat mudah dibentuk. Jika finishing-nya dilakukan dengan tepat, tekstur bahan rotan akan tampak terlihat indah. Partisi rotan banyak dibuat sebagai industri rumahan dan banyak dijual dengan harga relatif murah.

Ketujuh, partisi yang terbuat dari besi dan gipsum. Tak hanya berfungsi sebagai pagar, jika didesain dengan gaya yang menarik, besi juga bisa dijadikan partisi interior. Selain itu, gipsum bisa menjadi pilihan karena mudah dipasang dan dibersihkan. [INO]

Foto dokumen Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 10 Agustus 2018

Tags:


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑