Otomotif ilustrasi interior shutterstock

Published on January 24th, 2019 | by byu

0

6 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Mobil

Aroma tak sedap tidak hanya mengganggu, tetapi juga mengurangi kenyamanan berkendara. Bila Anda mengalami hal ini, segera lakukan langkah-langkah mudah berikut untuk hilangkan aroma tak sedap dan udara tak segar di dalam kabin mobil.

1. Bersihkan barang dalam kabin

6 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Mobil

Caranya dengan mengeluarkan semua barang bawaan atau benda-benda yang ada di dalam untuk kemudian dicuci atau dibersihkan. Jaket, bantal mobil, karpet, sepatu, dan sarung jok (untuk model yang mudah dibongkar pasang) harus dibersihkan dengan cermat dan dikeringkan. Hal ini harus dilakukan untuk hilangkan aroma tak sedap yang sering kali melekat pada benda-benda tersebut.

2. Maksimalkan sirkulasi udara

6 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Mobil

Udara pengap juga bisa disebabkan karena sirkulasi udara yang kurang maksimal. Untuk itu, parkirlah kendaraan di tempat aman, kemudian buka jendela selebar-lebarnya dan bukalah semua pintu mobil agar udara di dalam dapat tergantikan dengan udara segar. Namun, patut diingat, pastikan mobil berada di garasi rumah atau tempat aman.

3. Manfaatkan baking soda atau kopi

6 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Mobil

Manfaatkan baking soda untuk menyerap bau tak sedap. Tempatkan bahan pengembang kue ini pada wadah kecil kemudian letakkan di kolong jok dan di bagian lainnya. Bahan ini digunakan lantaran memiliki sifat menyerap berbagai jenis bau.

Namun, apabila tidak memiliki bubuk tersebut, Anda bisa memanfaatkan kopi. Ambil bubuk kopi secukupnya dan taruh di dalam cangkir atau mangkuk kemudian diamkan beberapa saat di dalam kabin. Aroma kopi yang terbilang kuat dapat membantu menyamarkan aroma lembab atau bau tak sedap.

4. Bersihkan kabin dengan pengisap debu

6 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Mobil

Pengisap debu (vacuum cleaner) dapat membantu mengusir bau tak sedap. Gunakan alat tersebut untuk mengisap kotoran yang melekat pada jok, doortrim, dan bagian plafon kendaraan. Alat ini biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis kepala penyedot.

Gunakan kepala penyedot kecil untuk menjangkau area sempit, misalnya di bawah jok atau di sela-sela pedal gas dan rem. Khusus untuk plafon, bersihkan secara perlahan agar bagian atap yang dilapisi bahan lembut tersebut tidak rusak.

5. Manfaatkan kulit buah-buahan

6 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Mobil

Selain mengandung vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh, ternyata buah juga bisa membantu menyegarkan udara kabin. Jeruk dan lemon bisa Anda manfaatkan untuk mengusir bau tak sedap dalam mobil. Caranya, kupas buah tersebut untuk kemudian dimanfaatkan kulitnya. Masukkan kulit jeruk atau lemon ke dalam wadah atau mangkuk, kemudian tempatkan pada bagian kolong mobil, bagian depan, dan belakang.

6. Bawa ke auto detailing

6 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Mobil

Foto-foto: Shutterstock

Gunakan jasa salon mobil atau auto detailing guna mendapatkan penanganan dari ahlinya. Piihlah paket interior detailing agar bagian dalam mobil Anda kembali bersih dan segar. Salon mobil biasanya menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kabin kendaraan.

Selain bersih, biasanya mobil yang keluar dari tempat ini akan tampak seperti baru. Apalagi Anda memilih paket komplet yang tidak hanya membersihkan bagian kabin tetapi juga bodi dan ruang mesin. Anda ingin hilangkan aroma tak sedap dan kabin Anda kembali bersih dan segar? Segera luangkan waktu dan lakukan langkah-langkah tersebut. [*/BYU]

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑