Interior cara merawat karpet

Published on June 29th, 2018 | by Dimitri

6 Jurus Merawat Karpet agar Selalu Awet

Menggunakan karpet di ruangan menuntut perhatian ekstra. Lalai sedikit saja, karpet bisa jadi tak sedap dipandang dan menjadi sumber penyakit. Berikut ini beberapa kiat khusus untuk menjaga kebersihan karpet.

1. Sedot debu karpet secara rutin

Bersihkan karpet secara rutin dengan vacuum cleaner minimal dua kali sehari. Kegiatan ini dapat mengantisipasi pengendapan debu di karpet sehingga tak jadi sumber penyakit.

2. Cuci karpet minimal setahun sekali

Cuci karpet minimal satu tahun sekali. Jangan terlalu sering mencuci karpet karena corak dan motifnya bisa berubah warna. Namun, jangan pula tak pernah mencucinya. Walaupun sudah dibersihkan dengan vacuum cleaner, karpet tetap butuh dicuci dengan air. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan mencuci karpet di tempat pencucian khusus.

3. Gunakan cairan pembersih karpet

Jika ingin mencuci karpet sendiri di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Semisal, gunakan pembersih karpet agar tak terlampau sulit saat membersihkan. Lalu, semprotkan cairan pembersih sedikit demi sedikit dan gosok satu arah.

Sebelum menggunakan pembersih karpet secara menyeluruh, sebaiknya bersihkan dulu sudut area karpet untuk memastikan bahwa pembersih tersebut tak merusak warna. Setelah mengering, bersihkan sisanya dengan vacuum cleaner.

4. Hindarkan karpet dari sinar matahari

Tempatkan karpet di ruangan yang tak terkena sinar matahari langsung. Hal ini penting dilakukan, karena sinar matahari dapat menyebabkan warna karpet memudar. Jangan lupa juga saat tak digunakan, ada baiknya karpet ditutup dengan kain.

5. Bersihkan noda karpet sesegera mungkin

Cekatan ketika karpet kotor. Jika ada minuman atau makanan tumpah di karpet, segera bersihkan noda tersebut dengan mengelap dengan kain lembut. Hal ini perlu dilakukan agar noda tak mengering dan menempel di karpet.

6. Hindari merokok di atas karpet

Jangan merokok di atas karpet. Hati-hati, abu rokok dapat merusak karpet Anda. Selain jurus-jurus di atas, tentu ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan. Jika Anda melakukan keenam hal di atas, niscaya karpet di rumah akan tetap awet. Selamat merawat karpet. [INO]

6 Jurus Merawat Karpet agar Selalu Awet Dimitri

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author

Desainer, pengembang, dan administrator web di bagian Produksi divisi Iklan Harian Kompas.



Back to Top ↑