Otomotif merawat bagian kolong mobil

Published on May 11th, 2018 | by Kompas Klasika

6 Cara Mudah Merawat Bagian Kolong Mobil

Selain dapat melancarkan fungsi komponen kaki-kaki, merawat kolong mobil juga bisa menjaga nilai jual kembali (resale value) kendaraan. Alasannya, tidak sedikit calon pembeli mobil bekas memperhatikan secara cermat kondisi bagian bawah kendaraan sebelum membelinya.

Dengan memberi perhatian lebih pada bagian tersembunyi tersebut, korosi atau keropos pada bodi mobi dapat dihindari. Ini tentu memberikan dampak positif terhadap nilai jual mobil tersebut.

Pertama, mencuci secara rutin, terlebih setelah kendaraan menempuh perjalanan jauh atau menerjang derasnya hujan. Sisihkan waktu akhir pekan Anda untuk memberikan perhatian khusus pada bagian-bagian yang jarang terlihat tersebut.

Kedua, saat mencuci mobil, jangan lupakan bumper bagian dalam. Kotoran berupa sampah, pasir, dan kotoran lainnya sering bersarang di bagian tersebut. Bila dibiarkan dalam waktu lama, sampah-sampah itu bisa menyebabkan karat atau korosi, bahkan dapat dijadikan sarang serangga yang nantinya dapat merusak sistem kelistrikan.

Bersihkan kotoran tersebut dengan mengulurkan tangan ke bagian yang mudah dijangkau. Bila kotoran sulit diangkat dengan tangan, semprotkan air bersih yang telah dicampur sampo mobil ke sela-sela ruang tersebut. Gunakan sikat halus untuk memudahkan proses pembersihan. Namun sebelum menyemprotkan air, pastikan Anda telah melindungi bagian kelistrikan dengan plastik atau bahan tahan air.

Ketiga, bersihkan bagian sepatbor, karena area yang berdekatan dengan roda tersebut sering dihinggapi kotoran. Usir kotoran atau sampah yang bersembunyi dengan cara yang sama ketika membersihkan bumper. Saat proses pembersihan, hindari menggunakan sikat kawat atau benda tajam yang dapat merusak lapisan antikarat.

Keempat, bagian lengan ayun dan as roda. Posisinya yang melintang sering dijadikan tempat bersarangnya kotoran, mulai dari kerikil, tanah, maupun sampah-sampah lainnya.

Kelima, perhatikan pula steering rack, shock absorber, dan karet boot as roda. Bersihkan komponen-komponen tersebut menggunakan spons dan sikat halus. Lakukan di tempat bersih dan terang agar kotoran lebih mudah terlihat. Jika kelima hal tersebut Anda lakukan, niscaya bagian kolong mobil Anda akan tetap terawat. Selamat mencoba! [BYU]

Foto : Shutterstock.com/Eakasarn.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 5 Desember 2016

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑