Gaya Hidup

Published on February 12th, 2019 | by Kompas Klasika

0

Masih Khawatir Mau Liburan? Inilah 5 Tips Terbaik saat Jalan-Jalan

Traveling kini menjadi aktivitas yang kian digemari. Jalan-jalan dan menambah pengalaman dianggap hal yang keren dan menjadi impian banyak orang. Bahkan, ada orang-orang yang mendedikasikan hidupnya hanya untuk jalan-jalan.

Saat traveling, tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan menjadi nyaman dan menyenangkan. Ada hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan ada pula yang sebaiknya dihindari. Belajar dari pengalaman orang-orang yang gemar bepergian, berikut ini sejumlah tips terbaik yang patut Anda perhatikan.

Bawalah kartu kredit dan alat pembayaran nirtunai lain

Anda mungkin sudah membuat anggaran dan berusaha untuk mengelola pengeluaran sesuai anggaran. Namun, kejadian tak terduga bisa terjadi kapan saja. Kartu kredit tidak hanya memudahkan, tetapi juga menjadi penolong yang sangat berarti dalam kondisi demikian. Pastikan kartu kredit yang Anda gunakan dari penyedia layanan yang diakui dan diterima secara global sehingga bisa digunakan di mana saja.

Bawalah uang tunai secukupnya untuk kondisi darurat

Anda tentu dianjurkan untuk membawa uang tunai secukupnya, tidak berlebihan. Risiko hilang atau dicopet menjadi alasan kuat untuk tidak membawa uang tunai banyak-banyak. Namun, lagi-lagi sebagai langkah antisipasi, Anda tetap harus membawa sejumlah uang tunai karena ada kalanya kartu kredit dan alat pembayaran lain tidak diterima. Sebagai acuan, sekitar 200 dollar AS mungkin cukup memadai.

Jangan ragu gunakan peta, jangan ragu juga tersesat

Anda mungkin disarankan untuk tidak terlihat seperti turis agar tidak mengundang perhatian atau menarik orang berbuat hal yang tidak diinginkan. Namun, lebih tidak menyenangkan jika tersesat hanya karena malu menggunakan peta. Beruntung sekarang tersedia banyak aplikasi peta pada gawai yang memudahkan para traveler. Pastikan Anda menguasai fitur-fiturnya untuk mendapatkan kemudahan navigasi yang optimal. Namun, tak selamanya Anda harus mengikuti peta. Ada kalanya juga menarik untuk membiarkan diri “tersesat”. Jika hanya mengikuti peta untuk menyusuri kawasan-kawasan turis, Anda mungkin kehilangan kesempatan meresapi kondisi sesungguhnya suatu kawasan. Tak ada salahnya menyimpang sejenak, tapi pastikan masih dalam batas-batas yang dapat ditoleransi dan dengan mudah Anda menemukan jalan kembali.

Jangan lupa memotret koper dan barang bawaan

Anda memang harus memotret banyak hal di sekitar Anda sebagai kenang-kenangan perjalanan. Namun, memotret koper dan barang bawaan akan sangat bermanfaat dalam kondisi yang tidak diinginkan. Jika koper terhilang, akan sangat membantu saat melapor jika Anda memiliki foto dari koper tersebut.

Pastikan mengenakan sepatu yang nyaman

Foto-foto: Shutterstock.com

Penampilan memang harus dijaga. Tetapi, jangan sampai mengorbankan kenyamanan. Salah satu yang tidak bisa ditawar adalah menyangkut alas kaki. Tidak ada hal yang lebih menyiksa saat bepergian kian kemari dibandingkan kaki yang sakit karena sepatu yang tidak nyaman. Apalagi jika Anda berencana berjalan kaki cukup jauh atau menempuh jalur yang berliku, sepatu yang nyaman akan menjadi penyelamat perjalanan.

Selamat berlibur!

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑