Gaya Hidup 5 Jurus Rencanakan Dana Wisata

Published on February 3rd, 2019 | by Kompas Klasika

0

Liburan Tanpa Pusing, Inilah 5 Jurus Rencanakan Dana Wisata

Pikiran sudah mumet dengan kerjaan dan aktivitas rutin? Mungkin sudah saatnya Anda menyegarkan diri sejenak dengan berlibur. Ya, liburan kini sudah menjadi kebutuhan. Namun, banyak yang mengeluhkan soal ketiadaan atau kurangnya dana. Untuk itu, lakukan perencanaan sejak jauh-jauh hari sehingga tidak memberatkan dan pada saatnya tiba, dana wisata yang dibutuhkan sudah tersedia.

Dalam kegiatan berwisata, seseorang mengalokasikan dana untuk pembayaran tiket transportasi, hotel, akomodasi, berbelanja, dan keperluan lainnya. Namun, mereka yang kurang pandai mengatur finansial, justru akan menyulitkan diri sendiri. Oleh karena itu, perhatikanlah hal berikut ini agar momen liburan Anda tetap berakhir menyenangkan.

1.Tetapkan tujuan wisata

5 Jurus Rencanakan Dana Wisata

Penetapan destinasi dilakukan untuk menghitung berapa dana wisata yang dibutuhkan. Boleh-boleh saja menetapkan liburan yang mewah atau ke tempat prestisius, tetapi berarti Anda membutuhkan dana lebih besar. Berapa pun besarnya, jika sudah direncanakan, tentu lebih mudah ditanggulangi. Perencanaan ini juga membuat dana perjalanan terkendali dan tidak membengkak. Jangan sampai Anda mengalami kekurangan dana hanya karena tidak melakukan perencanaan yang matang.

2.Perhitungkan lama perjalanan

Penentuan lama perjalanan sangat dibutuhkan agar optimal dan benar-benar dapat dinikmati. Perjalanan yang terlalu singkat mungkin terasa kurang karena banyak hal belum dieksplorasi. Namun, perjalanan yang terlalu lama juga dapat memicu rasa bosan, terutama untuk destinasi atau negara yang sudah pernah dikunjungi. Durasi dan destinasi yang dituju akan sangat berpengaruh pada besaran dana wisata yang dibutuhkan.

3.Manfaatkan berbagai penawaran

5 Jurus Rencanakan Dana Wisata

Foto-foto: Shutterstock.com

Liburan memang membutuhkan biaya. Namun, jika Anda tahu menyiasatinya, biaya tersebut tidaklah semahal yang Anda kira. Untuk hal-hal pokok seperti tiket pesawat dan hotel, Anda bisa mendapatkan harga miring jika memanfaatkan promosi atau berangkat bukan pada musim orang liburan (peak season). Membeli dan memesan tiket jauh-jauh hari juga menjadi cara lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan memudahkan dalam penyiapan dananya.

4.Rencanakan dana wisata untuk berbelanja

Tidak jauh berbeda dengan rutinitas sehari-hari, Anda perlu membuat perencanaan batas maksimal berbelanja. Lakukanlah dengan skala prioritas dan menentukan barang-barang seperti apa yang akan dibeli. Hal ini berguna agar terhindar dari pemborosan. Bagi para shopaholic, hindarilah membeli barang-barang yang tidak perlu dan memiliki nilai fungsionalis yang minim.

5.Rencanakan biaya yang tak terduga

Menyisihkan sebagian dana untuk hal-hal yang tidak diinginkan adalah keputusan bijak saat berwisata. Pastikan Anda masih mengalokasikan sebagian dana untuk keperluan uang tips, taksi, dan ongkos lainnya. [*]

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑