Langgam mobil taksi

Published on October 3rd, 2018 | by Kompas Klasika

5 Jurus Jeli Membeli Mobil Eks Taksi

Walaupun saat ini pilihan mobil baru semakin beragam, ditambah lagi dengan rentang harga yang semakin lebar, mobil eks taksi masih layak untuk dilirik. Dengan harga jauh di bawah mobil baru, kendaraan yang umumnya berjenis sedan ini tak hanya diminati oleh pembeli dengan budget terbatas, tetapi juga mereka yang hobi modifikasi.

Bila Anda juga hobi memodifikasi mobil, atau ingin memiliki mobil pribadi dengan harga “bersahabat”, jangan sungkan untuk menyambangi pul taksi. Carilah informasi selengkap mungkin mengenai mobil eks taksi yang dijual, termasuk promosi-promosi berupa potongan harga atau penambahan aksesori. Namun, sebelum memutuskan untuk menimang kendaraan tersebut, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Eksterior dan interior

Eksterior eks taksi

Foto-foto: Shutterstock.com

Pastikan eksterior dan interior mobil eks taksi yang ingin Anda beli masih dalam kondisi baik. Hindari membeli mobil bekas yang sasisnya memiliki tanda-tanda bekas benturan atau tabrakan. Kondisi cat mobil juga perlu dicermati. Begitu pula bagian interior, mulai dari dasbor, jok, door trim, serta fitur yang ada di dalamnya, pastikan masih dalam kondisi normal.

2. Mesin

Mesin eks taksi

Saat mesin dinyalakan, pastikan tidak ada suara-suara aneh yang mengindikasikan adanya kerusakan pada mesin. Langkah lain untuk memastikan kompresi masih optimal adalah dengan melihat hasil pembakaran. Jika knalpot mengeluarkan asap, atau basah karena oli, urungkan niat Anda membeli mobil tersebut karena biaya perbaikan yang tidak sedikit.

3. Sistem kemudi

setir eks taksi

Biasanya sistem kemudi pada mobil-mobil modern saat ini, termasuk taksi, sudah dilengkapi power steering. Lakukan test drive untuk memastikan sistem kemudi tersebut masih dalam kondisi baik. Urungkan niat untuk membelinya apabila kemudi terasa berat, atau kemudi tidak kembali ke posisi lurus sesaat setelah berbelok.

4. Kelistrikan

Sistem kelistrikan eks taksi

Meski bagian kelistrikan biasanya tidak langsung terlihat, tak ada salahnya turut diperiksa. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas ataupun getas. Soket dan sambungan, termasuk yang menuju ke aki dan lampu-lampu harus dalam kondisi optimal.

5. Kaki-kaki

kaki-kaki eks taksi

Kendaraan yang dijadikan taksi biasanya telah menempuh jarak yang amat jauh dan medan yang terbilang cukup beragam. Untuk itu, cermati bagian kaki-kaki dan suspensi, pastikan komponen-komponen bekerja normal dan dalam kondisi terawat.

6. Rem

sistem pengereman eks taksi

Rem sangat penting untuk keselamatan. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memastikan kondisi sistem pengereman dalam keadaan baik, mulai dari disc brake, kampas rem, kaliper rem, master silinder, hingga reservoir yang menampung minyak rem.

7. Garansi dan layanan

sistem purna jualSebelum memutuskan untuk membeli, tanyakan tentang garansi yang diberikan oleh operator taksi. Bila terjadi kerusakan setelah mobil tersebut dibeli, tanyakan apakah pihak penjual mau membantu memperbaikinya. Biasanya mereka memiliki promosi-promosi menarik seputar perawatan kendaraan dan penambahan aksesori. [BYU]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 2 Oktober 2018.

 

5 Jurus Jeli Membeli Mobil Eks Taksi Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑