Ragam dompet kulit

Published on July 25th, 2018 | by Kompas Klasika

5 Cara Mudah Menjaga Dompet Kulit Kesayangan Anda

Apakah barang yang tidak boleh dilupakan saat bepergian? Jawabannya pasti dompet dan ponsel. Namun sebelum ponsel eksis, dompet menjadi benda yang tidak boleh tertinggal, terutama bagi pria. Pasalnya, dompet berfungsi untuk membawa uang dan beberapa surat penting, seperti SIM dan KTP serta beberapa kartu ATM.

Hal ini berbeda dengan perempuan yang selalu membawa tas. Pria lebih simpel dalam berkegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, dompet harus selalu dijaga kondisinya, apalagi kalau dompet tersebut mahal dan menjadi barang kesayangan. Dompet kulit cukup populer di kalangan pria. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga dompet kesayangan Anda.

1.Hindari basah

Dompet kulit itu rentan terhadap air. Air dapat membuat warna kulit memudar. Beberapa pria senang mengantongi dompet di celana bagian belakang. Seringnya dompet tertekan oleh bokong sehingga (maaf) berkeringat. Hal itu juga bisa membuat dompet berubah warna.

2.Kantong belakang celana

Hindari juga kantong belakang celana. Selain bisa rusak terkena keringat, menyimpan di kantong belakang celana akan merusak presisi dari dompet. Bahkan bisa mengganggu fungsi tulang belakang.

3.Bersihkan noda

Berhati-hatilah dalam membersihkan noda, khususnya untuk dompet kulit. Sebaiknya jangan asal menggunakan air atau penghilang noda kecuali memang disarankan oleh produsennya. Jika memang dompet itu memiliki nilai yang tinggi, bawalah ke toko yang khusus menyediakan jasa pembersihan noda. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering dibersihkan karena bisa menghilangkan lapisan minyak pada kulit. Lakukanlah misalnya 4 tahun sekali.

4.Bawa uang secukupnya

Bawa uang secukupnya. Dompet pria biasanya tipis. Oleh karena itu, jangan membawa uang terlalu banyak. Bawalah uang secukupnya. Hal ini untuk menjaga kualitas dompet dan keawetan dompet serta tidak memancing kejahatan.

5.Perhatikan penyimpanan

Perhatikan penyimpanannya. Dompet kulit juga harus diperhatikan dalam penyimpanannya terutama bila ingin disimpan dalam waktu yang lama. Isilah kertas agar bentuknya tidak berubah. Menyimpannya di dalam kantong plastik atau bahan kedap suara lainnya bisa membuat kulitnya menjadi kering. Tempat yang baik, yakni di tempat yang cukup ventilasi, teduh, gelap, tidak terlalu lembab atau kering. [*/VTO]

5 Cara Mudah Menjaga Dompet Kulit Kesayangan Anda Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑